Cocok Dikonsumsi Saat Puasa, Simak 7 Manfaat Buncis Bagi Kesehatan

Jumat, 01 April 2022 | 11:45 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Cocok Dikonsumsi Saat Puasa, Simak 7 Manfaat Buncis Bagi Kesehatan

ILUSTRASI. Buncis.


KONTAN.CO.ID - Buncis mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya baik untuk meningkatkan energi. Saat menjalankan puasa, tubuh membutuhkan energi lebih untuk menahan rasa lapar sesambil melakukan berbagai aktivitas, untuk itu buncis sangat cocok untuk dikonsumsi saat buka puasa atau sahur.

Kandungan nutrisi dalam buncis di antara protein, kabohidrat, vitamin A, vitamin K, vitamin C dan mengandung banyak sehat yang baik untuk kesehatan tentunya.

Selain itu buncis juga merupakan salah satu sayuran yang mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan. Bahkan, Anda bisa merebus buncis dan langsung mengkonsumsinya. 

Baca Juga: Simak 5 Tips Mengecilkan Pori-Pori yang Mudah Untuk Dilakukan

Berikut beberapa manfaat buncis bagi kesehatan yang menarik untuk diketahui yang dilansir dari NDTV Food, di antaranya: 

1. Baik untuk Energi

Buncis mengandung banyak zat besi yang mempunyai manfaat mampu menambah Zat besi adalah komponen sel darah merah yang penting untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke sel-sel di seluruh tubuh. Hal tersebut meningkatkan energi dalam tubuh yang bermanfaat khususnya saat menjalankan puasa.

2. Baik untuk Kesehatan Kulit, Rambut dan Kuku

Manfaat selanjut dari buncis yaitu baik untuk kesehatan kulit, rambut dan kuku. Buncis dengan jenis silikon yang mudah diserap penting untuk pembentukan jaringan ikat yang sehat dan memperkuat kuku serta meningkatkan kesehatan kulit.

3. Kesehatan Tulang

Dilansir NDTV, Menurut buku 'Healing Foods' buncis kaya akan vitamin K yang mempunyi manfaat osteocalcin yang merupakan protein non-kolagen utama yang ditemukan dalam tulang. Senyawa ini mengunci molekul kalsium di dalam tulang, memperkuatnya dari dalam.

Baca Juga: 6 Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan, Dapat Menyembuhkan Berbagai Penyakit

4. Mencegah Radikal Bebas

Kandungan antioksidan dalam buncis dieprcaya dapat menangkal dan mencegah berbagai radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Sehinga mengkonsumsi buncis secara rutin dapat mencegah berbagai penyakit serius salah satunya, kanker.

5. Efek Detoks

Buncis dengan sifat diuretiknya yang kuat dapat berfungsi sebagai detoksifikasi yang hebat dan membantu membersihkan tubuh Anda dari racun yang tidak diinginkan.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Buncis mengandung banyak kalsium dan flavonoid yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Flavonoid merupakan antioksidan polifenol yang banyak ditemukan pada buah-buahan dan sayuran. Flavonoid dalam jumlah tinggi memiliki sifat antiinflamasi yang sangat besar yang mengatur aktivitas trombotik dalam sel dan mencegah pembekuan darah di arteri.

7. Baik untuk Penglihatan

Kaya akan karotenoid, buncis bisa memainkan peran efektif dalam mencegah degenerasi makula (suatu kondisi yang menyebabkan penurunan penglihatan dan fungsi mata). Selain itu, buncis juga kaya lutein dan Zeaxanthin yang membantu menjaga penglihatan saat malam hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru