Cocok Untuk Dicoba Saat Puasa, Ketahui 5 Cara Menghilangkan Bau Mulut

Rabu, 20 April 2022 | 13:10 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Cocok Untuk Dicoba Saat Puasa, Ketahui 5 Cara Menghilangkan Bau Mulut

ILUSTRASI. Bau mulut.


KESEHATAN -Jakarta. Saat puasa bau mulut menjadi salah satu masalah yang perlu diperhatikan. Penting untuk mengetahui cara menghilangkan bau mulut, apalagi saat puasa. 

Pasalnya, aroma tak sedap bau mulut bisa mengganggu orang lain serta dapat menurunkan rasa percaya diri juga. 

Terlebih jika Anda harus menghadiri acara-acara penting, usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang berisiko membuat bau mulut. Contohnya seperti bawang, pete, jengkol dan lain-lain. 

Selain makanan yang dikonsumsi, bau mulut juga bisa disebabkan oleh kebersihan mulut dan gigi yang kurang terjaga dengan baik. Untuk itu menggosok gigi secara rutin adalah hal yang wajib dilakukan untuk menghilangkan bau mulut. 

Baca Juga: 6 Manfaat Jamur Untuk Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Melansir dari Periozone, berikut beberapa cara menghilangkan bau mulut: 

Cuka Apel 

Mengkonsumsi cuka apel adalah salah satu cara menghilangkan bau mulut yang terbilang efektif. Pasalnya, cuka apel mengandung asam yang dapat menetralkan dan menghilangkan bau mulut. Anda hanya tinggal berkumur menggunakan campuran cuka apel dengan air. 

Tea Tree Oil

Cara menghilangkan bau mulut selanjutnya Anda bisa menggunakan tea tree oil. Pasalnya, tea tree oil mampu membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut dan merusak gigi. Anda hanya tinggal meneteskan beberapa tetes minyak tersebut ke pasta gigi. 

Cengkih 

Mengunyah cengkih bisa dijadikan alternatif untuk menghilangkan bau mulut. Hal tersebut dikarenakan cengkih mengandung antiseptik yang mampu membutuh bakteri-bakteri penyebab bau mulut serta dapat mencegah infeksi. 

Baca Juga: Cari Obat Kolesterol? Kenali 6 Jenis Makanan Sehat Ini

Air Garam

Cara menghilangkan bau mulut lainnya Anda hanya tinggal berkumur menggunakan air garam. Cara ini sudah cukup populer dan sering dilakukan banyak orang untuk menghilangkan bau mulut atau meredakan sakit gigi. 

Hal tersebut dikarenakan kandungan dalam air garam mampu membunuh bakteri yang menempel di mulut dan gigi. 

Mengkonsumsi Buah dan Sayur 

Perlu Anda ketahui mengkonsumsi buah dan sayur tertentu bisa menghilangkan bau mulut secara efektif. Contohnya, Anda bisa mengkonsumsi apel atau wortel. 

Mengkonsumsi buah dan sayur yang mempunyai tekstur agar keras dapat membersihkan bakteri yang menempel di sela-sela gigi. Hal tersebut akan membuat bau mulut hilang serta baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru