Conclave, coworking space yang buka 24 jam

Sabtu, 07 Februari 2015 | 10:34 WIB   Reporter: Agus Triyono
Conclave, coworking space yang buka 24 jam

ILUSTRASI. Perusahaan asuransi jiwa menekan porsi aset reksadana


JAKARTA. Teknologi yang makin maju mengubah model kerja orang modern. Alhasil, mereka bisa kerja di mana saja dan kapan saja. Cuma memang, kebebasan ini berlaku untuk pekerja independen alias freelancer yang bekerja per proyek. Misalnya, programmer, desainer, dan penulis.

Nah, biasanya mereka enggak punya kantor, sehingga mesti nomaden alias berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain untuk menyelesaikan pekerjaannya. Dan, kedai kopi sering menjadi pilihan mereka untuk tempat bekerja.

Tapi sejatinya, mereka tetap butuh tempat kerja yang nyaman plus dukungan fasilitas kantor, seperti telepon, fax, printer, bahkan ruang rapat. Dan, itu bisa mereka dapatkan di coworking space, tempat berbagi ruangan kerja dengan kelengkapan seperti kantor. Jadi, orang tetap bisa bekerja layaknya di kantor sendiri. Asyiknya, bila mau, Anda bisa menyewa "kantor" di coworking space dalam hitungan jam saja, satu jam pun bisa.

Salah satu tawaran coworking space di Jakarta datang dari Conclave. Coworking space ini ada di Jalan Wijaya I Nomor 5C, Jakarta Selatan. Berdiri di atas lahan seluas 1.700 meter persegi, Conclave punya tiga lantai dan satu basement.

Di lantai dua terdapat auditorium kedap suara dengan kapasitas 125 orang. Ruangan ini dileng-kapi dengan projector dan juga bisa dipakai untuk tempat talkshow, presentasi, maupun rapat besar. Sementara di lantai tiga tersedia fixed office yang bisa digunakan sebagai ruang kantor. Di sini, Anda dapat menikmati beragam fasilitas laiknya di kantor, mulai internet, printer, sampai loker pribadi. Selain itu, ada studio foto, perpustakaan, dan ruang rapat berkapasitas 12 orang.

Ada kafe

Aditya Hadiputra, salah satu pemilik Conclave, bilang, ide mendirikan coworking space ini berasal dari pengalaman pribadi dan rekan-rekannya semasa menjadi pekerja nomaden. Untuk menyelesaikan pekerjaan, dia dan temannya kerap berpindah dari satu kafe ke kafe lain. Padahal, bekerja di kafe tidak memberikan kebebasan waktu. "Misalnya, di coffee shop, kita mungkin bisa duduk lama. Tapi, si pengelola kafe tidak ingin pelanggannya duduk terlalu lama," katanya.

Dari situ akhirnya keluar ide membuka coworking space tapi dengan konsep berbeda. Waktu buka Conclave 24 jam nonstop. Jadi, Anda bisa bekerja secara leluasa dan nyaman pasti, tanpa terbatas oleh sekat waktu. "Ini mungkin bukan coworking space pertama di Jakarta, tapi kami pertama yang berani buka 24 jam," ujar Marshall Utoyo, pemilik Conclave lainnya.

Untuk menemani aktivitas Anda bekerja,  Conclave juga menyediakan kafe bernama Mikoro. Nama kafe ini merupakan singkatan dari mi, kopi, dan rokok. Sebab, Mikoro menjual mi, kopi, dan rokok, juga makanan dan minuman lain.

Anda tak perlu merogoh kocek dalam untuk menyewa ruangan kantor di Conclave. Misalnya, untuk memakai fasilitas di gallery co-working, Conclave hanya mengenakan tarif Rp 50.000 per orang per jam. Kalau Anda mengambil paket 24 jam, tarifnya hanya Rp 200.000 per orang.

Menurut Nusa Ramadhan, pengguna Conclave, keberadaan coworking space seperti Conclave memberikan manfaat besar bagi pekerja nomaden seperti dirinya. Selain suasana kerja rumahan, Conclave juga memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk meningkatkan jaringan bisnisnya. Sebab, mereka bisa bertemu dengan pekerja nomaden lainnya. "Dari beberapa tempat yang saya datangi, Conclave menyediakan fasilitas paling lengkap dan suasana nyaman," aku Nusa. Anda juga ingin ngantor di Conclave?              

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru