Cristiano Ronaldo Belum Berniat Pensiun dari Tim Nasional Portugal

Selasa, 03 September 2024 | 10:45 WIB Sumber: BBC
Cristiano Ronaldo Belum Berniat Pensiun dari Tim Nasional Portugal

ILUSTRASI. Cristiano Ronaldo, baru-baru ini menegaskan bahwa dirinya belum berencana untuk pensiun dari tim nasional Portugal.REUTERS/Heiko Becker


SEPAK BOLA - Cristiano Ronaldo, baru-baru ini menegaskan bahwa dirinya belum berencana untuk pensiun dari tim nasional Portugal. Meski demikian, Ronaldo, yang kini berusia 39 tahun, mengisyaratkan bahwa keputusan untuk pensiun nanti tidak akan menjadi sesuatu yang sulit baginya.

Ronaldo telah menorehkan sejarah dengan mencetak 130 gol dalam 212 pertandingan internasional, sebuah pencapaian yang belum pernah dicapai oleh pemain lain dalam sejarah sepak bola pria. Ketajamannya dalam mencetak gol dan dedikasinya yang tak tergoyahkan untuk Portugal telah membuatnya menjadi sosok yang tak tergantikan di tim nasional.

Saat ini, Ronaldo kembali dipanggil untuk memperkuat Portugal dalam laga-laga UEFA Nations League melawan Kroasia dan Skotlandia. Meskipun begitu, kehadirannya kali ini dibayangi oleh kekecewaan besar setelah gagal memberikan performa terbaiknya di Euro 2024, di mana Portugal harus tersingkir di babak perempat final setelah kalah adu penalti dari Prancis.

Banyak yang berpendapat bahwa Ronaldo, bersama Pepe, yang juga pemain senior di skuad Portugal, mungkin seharusnya memberikan kesempatan kepada pemain-pemain muda.

Baca Juga: Awali Musim Kurang Memuaskan, Erik ten Hag Tetap Mendapat Dukungan dari Pemilik MU

Refleksi Ronaldo tentang Karier Internasionalnya

Setelah kegagalan di Euro 2024, muncul spekulasi bahwa mungkin inilah saat yang tepat bagi Ronaldo untuk mundur dari tim nasional. Namun, Ronaldo dengan tegas menyatakan bahwa dirinya tidak pernah mempertimbangkan untuk meninggalkan tim nasional meskipun menerima banyak kritik.

Bagi Ronaldo, kontribusinya kepada tim nasional adalah sesuatu yang sangat penting, dan ia merasa bahwa ia masih memiliki banyak hal yang bisa diberikan untuk negaranya.

Keputusan Pepe untuk pensiun dari tim nasional setelah Euro 2024 merupakan tanda berakhirnya era dua pemain veteran yang telah memberikan banyak hal untuk Portugal. Ronaldo, meskipun mengakui bahwa Pepe telah pergi dengan cara yang terhormat, memilih untuk melanjutkan kariernya di tim nasional.

"Ketika saatnya tiba, saya akan pergi," kata Ronaldo.

"Itu tidak akan menjadi keputusan yang sulit. Jika saya merasa tidak lagi memberikan kontribusi apa pun, saya akan menjadi orang pertama yang meninggalkan tim," tambahnya.

Baca Juga: Perubahan Jadwal Pertandingan Liga Primer Inggris Bulan Oktober 2024

Pandangan ke Depan: Ronaldo dan Masa Depannya

Melihat ke depan, Ronaldo tetap berkomitmen untuk bermain di level tertinggi. Meskipun usianya sudah tidak muda lagi, ia tetap menunjukkan semangat dan tekad yang sama seperti ketika pertama kali ia membela Portugal.

Bulan lalu, Ronaldo sempat mengatakan bahwa ia mungkin akan pensiun dalam dua atau tiga tahun ke depan, tetapi kemungkinan besar akan mengakhiri kariernya di Al-Nassr, klub asal Arab Saudi tempatnya bermain saat ini.

Satu hal yang pasti, Ronaldo menegaskan bahwa ketika ia akhirnya memutuskan untuk pensiun dari tim nasional, ia tidak akan mengumumkannya terlebih dahulu. "Keputusan itu akan sangat spontan dari pihak saya, tetapi juga akan sangat dipertimbangkan dengan baik," tambah Ronaldo.

Baca Juga: UEFA Turunkan Batasan Harga Tiket Bagi Fans Tim Tamu di Laga-Laga Eropa

Keberlanjutan karier Ronaldo di tim nasional, meskipun menuai berbagai opini, tetap menjadi topik yang menarik bagi banyak penggemar sepak bola di seluruh dunia.

Di usianya yang hampir memasuki empat dekade, Ronaldo tetap menjadi salah satu pemain paling berpengaruh di dunia, dan kontribusinya untuk Portugal akan selalu dikenang sebagai salah satu yang terbesar dalam sejarah sepak bola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru