Daftar lengkap pebalap MotoGP 2021: Ada 3 debutan, termasuk adik Valentino Rossi

Selasa, 24 November 2020 | 11:44 WIB Sumber: Kompas.com
Daftar lengkap pebalap MotoGP 2021: Ada 3 debutan, termasuk adik Valentino Rossi

ILUSTRASI. Daftar sementara pebalap untuk Kejuaraan Dunia musim depan sudah dirilis oleh MotoGP. REUTERS/Juan Medina


MOTOGP - Daftar sementara pebalap untuk Kejuaraan Dunia musim depan sudah dirilis oleh MotoGP. Dalam daftar yang dirilis oleh pihak MotoGP pada Senin (23/11/2020) malam WIB, ada 22 pebalap yang akan mengikuti kelas premier Kejuaraan Dunia musim 2021. 

Dari 22 nama tersebut, ada tiga pebalap rookie alias debutan yang bakal tampil untuk kali pertama di kelas premier. Tiga rookie itu adalah juara dunia Moto2 Enea Bastianini dan runner-up Luca Marini yang merupakan adik tiri Valentino Rossi. 

Satu debutan lagi yang akan tampil pada MotoGP 2021 adalah Jorge Martin. Enea Bastianini dan Luca Marini akan membela Esponsorama Racing (Avintia), sementara Jorge Martin bakal memperkuat Pramac Racing. 

Selain diwarnai tiga rookie, Kejuaraan Dunia MotoGP 2021 juga akan menampilkan para pebalap yang membela tim baru mereka. 

Baca Juga: Valentino Rossi positif corona, anggota tim Yamaha lain juga

Valentino Rossi yang meninggalkan tim pabrikan Yamaha bakal bertandem dengan muridnya, Franco Morbidelli, di Petronas Yamaha SRT. Sementara itu, Monster Energy Yamaha yang ditinggalkan Rossi akan mengandalkan Fabio Quartararo dan Maverick Vinales pada musim mendatang. 

Perubahan besar terjadi di kubu juara dunia konstruktor MotoGP 2020, Ducati. Musim depan, kursi pebalap pabrikan asal Italia itu akan dihuni oleh Jack Miller dan Francesco Bagnaia. Adik Marc Marquez, Alex Marquez, bakal membalap bersama tim LCR Honda pada musim 2021. 

Baca Juga: Valentino Rossi dinilai masih mampu bersaing di ajang MotoGP

Perubahan komposisi pebalap juga terjadi di kubu KTM yang tampil mengejutkan pada MotoGP 2020. Miguel Oliveira yang mengoleksi dua kemenangan pada MotoGP 2020 "naik kelas" ke tim pabrikan KTM. Ia akan menjadi rekan setim Brad Binder di pabrikan Austria tersebut. Kemudian di tim Tech3, akan ditempati oleh Danilo Petrucci dan Iker Lecuona. 

Adapun Repsol Honda yang terpuruk pada MotoGP 2020 menempatkan Pol Espargaro sebagai rekan baru Marc Marquez. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru