Daftar makanan dan minuman yang baik untuk berbuka puasa

Rabu, 21 April 2021 | 17:35 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Daftar makanan dan minuman yang baik untuk berbuka puasa


KESEHATAN -  Jakarta. Saat berbuka puasa, pilih makanan dan minuman yang bagus bagi kesehatan. Sembarang memilih menu berbuka puasa, bisa berimplikasi negatif terhadap kesehatan.

Waktu berbuka puasa adalah saat-saat paling ditunggu umat Muslim kala menjalani puasa Ramadhan. Bayangan akan nikmatnya takjil beserta aneka makanan lezat membuat kebanyakan orang "balas dendam" saat berbuka. 

Menikmati makanan lezat saat berbuka memang sah-sah saja, tetapi Anda perlu memperhatikan nutrisi dan jumlah asupan yang dikonsumsi. 

Dosen ahli gizi Universitas Airlangga (Unair), Annis Catur Adi, memberikan tips memilih makanan dan minuman yang baik untuk berbuka puasa. 

Melansir laman Unair, beberapa makanan perlu dihindari saat berbuka dan sebagian lagi disarankan untuk dikonsumsi. 

  • Kurma dan air putih

Saat mengawali buka puasa, sebaiknya Anda tidak langsung mengkonsumsi makanan berat seperti nasi. 

Kurma dan segelas air putih disarankan untuk membatalkan puasa. Setelah seharian tidak mendapatkan asupan apapun, lambung butuh waktu untuk memproses makanan. 

Makanan dan minuman yang berlebihan akan menyebabkan gangguan kesehatan terutama pencernaan. 

“Minumlah air secukupnya dan kunyah makanan dengan baik, 33 kali dan tidak tergesa-gesa” kata Annis seperti dilansir dari laman Unair. 

Meskipun Anda sangat haus setelah menjalani puasa, jangan berbuka dengan air dingin atau air es. 

Minum minuman dingin akan membuat Anda cepat kenyang dan membuat perut kembung. Hindari juga makanan tinggi gula yang bisa menyebabkan naiknya gula darah. 

Baca Juga: Baik untuk penderita diabetes, ini cara memilih timun suri yang benar

  • Buah dan sayuran

Selama puasa penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. 

Memakan buah dan sayuran sebaiknya setelah menjalankan sholat maghrib. Serat dan vitamin pada buah dan sayuran bisa membuat tubuh merasa kenyang tetapi tetap dalam porsi yang wajar. 

Buah berwarna kuning atau merah baik untuk menjaga tubuh tetap sehat selama puasa. Jenis buah tersebut mengandung banyak vitamin seperti vitamin C dan A yang baik untuk imun tubuh. 

  • Makanan padat nutrisi

Karena kapasitas tubuh untuk menerima makanan berkurang saat berpuasa, makan makanan berat sebaiknya setelah sholat tarawih. 

Bagi penderita diabetes tetap harus menaati 3 T yaitu tetap jumlah, jenis yang tidak mudah meningkatkan gula darah, dan jadwal yang teratur. 

  • Tetap memenuhi asupan 8 gelas air

Meskipun tidak bisa minum saat siang hari, ada cara tersendiri untuk memenuhi kebutuhan 8 gelas air tiap harinya. Minumlah 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas saat malam hari, dan 2 gelas saat sahur. 

Tubuh saat sedang berpuasa memang akan terasa loyo terutama pada sore hari, namun hal tersebut wajar terjadi.  Jika Anda merasa sangat haus hingga pusing dan sangat loyo, sebaiknya segera menemui dokter. 

Selanjutnya: Tidak baik untuk kesehatan, ini takjil yang perlu dihindari selama puasa Ramadhan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru