HOME

Daftar orang kaya Indonesia, Bos Barito Pacific Group melejit

Jumat, 06 Desember 2019 | 17:09 WIB   Reporter: Agung Hidayat
Daftar orang kaya Indonesia, Bos Barito Pacific Group melejit

ILUSTRASI. Prajogo Pangestu, Chairman & CEO Barito Pacific

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rangking pengusaha paling kaya Indonesia tahun 2019 ini diwarnai beberapa perubahan. Ada yang mengalami kenaikan, namun ada pula yang posisinya mengalami penurunan.

Melansir dari Forbes, Kamis (5/12) kemarin, Bos Barito Pacific Group Prajogo Pangestu lompat tujuh peringkat menduduki posisi ketiga pengusaha paling kaya di Indonesia. Berdasarkan catatan tahun lalu, Prajogo berada di posisi 10 dengan total harta US$ 3 miliar atau sekitar Rp 42 triliun.

Baca Juga: Asyik, seni musik dan pertunjukan kebagian jatah pendanaan Bekraf di tahun depan

Namun dalam kurun setahun, jumlah ini mengalami peningkatan sebesar US$ 4,6 miliar. Sehingga saat ini Prajogo memiliki harta sebesar US$ 7,6 miliar atau setara dengan Rp 106,4 triliun.

Penyebabnya diketahui lantaran aset Prajogo tahun ini naik seiring optimisme investor pada prospek perusahaan hingga mampu mengerek harga saham PT Barito Pacific Tbk (BRPT). Prajogo sendiri menjadi pemegang mayoritas saham BRPT sebesar 71,16%, adapun kapitalisasi pasar (market cap) perusahaan sekitar Rp 125 triliun.

Lini usaha yang ekspansif milik Prajogo juga dapat dilacak lewat anak usaha BRPT, yakni PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA). Produsen petrokimia tersebut dimiliki secara tidak langsung oleh Prajogo lewat kepemilikan saham BRPT terhadap TPIA sebanyak 41,51% dan secara langsung dengan kepemilikan pribadi sebanyak 14,78%.

Baca Juga: Harbolnas, Bukalapak luncurkan kampanye Kalap 12.12 dengan total diskon Rp 50 miliar

Adapun kapitalisasi pasar TPIA saat ini sudah berada pada level Rp 174 triliun. TPIA dikenal sebagai perusahaan yang tengah mengembangkan berbagai proyek pabrik petrokimia.

Editor: Yoyok


Terbaru