Daftar Rekor Pele yang Sulit Dipecahkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Jumat, 30 Desember 2022 | 08:04 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Daftar Rekor Pele yang Sulit Dipecahkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

ILUSTRASI. Deretan Rekor Pele yang Sulit Dipecahkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Sumber Foto: sportingnews.com


SEPAK BOLA - JAKARTA. Beberapa rekor Pele ini masih sulit dipecahkan oleh Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Pada tanggal 29 Desember 2022 waktu Brasil, Legenda sepak bola Brasil ini meninggal dunia di usia 82 tahun.

Nama Pele tentu sudah tidak asing dengan label legenda sepak bola yang merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah ada.

Lahir dengan nama Edson Arantes do Nascimento pada tanggal 23 Oktober 1940 di Minas Gerais, Brasil, Pele mulai menunjukkan kemampuan bermain sepak bola yang luar biasa saat masih berusia 10 tahun.

Pada usia 15 tahun, Pele sudah memulai karier profesionalnya dengan bermain untuk Santos, sebuah tim sepak bola di Brasil.

Baca Juga: Pele Meninggal, Cek Profil Pele 3x Juara Piala Dunia, Cetak 1.000 gol

Deretan Rekor Pele yang Sulit Dipecahkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Pada tahun 1956, Pele membantu timnya memenangkan Piala Libertadores, sebuah turnamen sepak bola di Amerika Selatan yang dianggap sebagai yang terbaik di dunia pada masa itu.

Pele terus menunjukkan kemampuan yang luar biasa selama kariernya dengan Santos dan tim nasional Brasil.

Tentunya, Pele menjadi pemain termuda yang pernah mencetak gol di Piala Dunia pada usia 17 tahun dan kemudian memenangkan Piala Dunia untuk Brasil pada tahun 1958, 1962, dan 1970.

Selama kariernya, mencetak lebih dari 1.000 gol, yang merupakan rekor Pele yang belum pernah terpecahkan hingga saat ini.

Selain kemampuan bermain sepak bola yang luar biasa, Pele juga terkenal karena sikapnya yang sportsmanlike di lapangan.

Baca Juga: Raja Pele Wafat, Begini Reaksi Neymar, Mbappe, Ronaldo Hingga Presiden Argentina

Dia sering dikenal sebagai "Raja Sepak Bola" karena kemampuan dan kepribadiannya yang luar biasa.

Setelah pensiun dari sepak bola profesional, Pele terus menjadi duta sepak bola dan menjadi salah satu pemain sepak bola terkenal di dunia.

Di Era sepak bola modern, nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo masih belum bisa memecahkan rekor Pele.

Ada beberapa rekor Pele yang belum pernah dipecahkan oleh Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, dilansir dari Planet Football:

Rekor Pele yang sulit dipecahkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

  • Jumlah gol yang dicetak dalam karier profesional: Rekor Pele mencetak 1.293 gol dalam karier profesionalnya, yang merupakan rekor dunia yang belum pernah dipecahkan hingga saat ini.
  • Jumlah gol yang dicetak dalam satu pertandingan: Pele pernah mencetak 7 gol dalam satu pertandingan pada tahun 1959, yang merupakan rekor yang belum pernah dipecahkan hingga saat ini.
  • Jumlah gelar Piala Dunia yang diperoleh: Legenda Brasil juga memenangkan Piala Dunia untuk Brasil sebanyak 3 kali, pada tahun 1958, 1962, dan 1970. Rekor ini juga belum pernah dipecahkan oleh pemain lain hingga saat ini.
  • Jumlah pertandingan yang diikuti dalam karier profesional: Pele ikut serta dalam lebih dari 1.000 pertandingan dalam karier profesionalnya, yang merupakan rekor yang belum pernah dipecahkan oleh pemain lain hingga saat ini.
  • Jumlah hat-trick terbanyak sepanjang masa: Rekor hat-trick terbanyak masih dipegang Pele dengan 92 kali. Sementara Messi dan Ronaldo masih mengantongi 56 dan 66 hat-trick.
  • Jumlah gol terbanyak dalam satu tahun kalender: Rekor Pele lain seperti mencetak 127 gol dalam satu tahun kalender di tahun 1959 ini sulit dipecahkan mengingat Lionel Messi mencatat 91 gol saja di tahun 2012.

Baca Juga: Pele, Satu-satunya Pemain Bola yang Memenangkan Piala Dunia Tiga Kali

Deretan Rekor Pele yang Sulit Dipecahkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Hingga saat ini, Pele masih dianggap sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik yang pernah ada dan merupakan tokoh yang sangat dihormati di dunia sepak bola.

Pele sempat kembali bermain sepak bola setelah 2 tahun mengumumkan untuk pensiun dari sepak bola. Misi kembalinya Pele saat itu adalah mempromosikan sepak bola di wilayah Amerika Utara.

Pele juga dikenal bersahabat dengan Diego Maradona sesuai pensiun, dan masih bergerak di beberapa yayasan sepak bola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru