Dahysat! Lukisan ikonik karya Picasso ini terjual tembus Rp 1,5 triliun

Sabtu, 15 Mei 2021 | 12:10 WIB Sumber: Reuters
Dahysat! Lukisan ikonik karya Picasso ini terjual tembus Rp 1,5 triliun

ILUSTRASI. Lukisan Picasso


PAMERAN - NEW YORK. Balai lelang Christie kembali berhasil menjual sebuah lukisan karya maestro. Kali ini lukisan  karya Pablo Picasso yang berjudul 'Perempuan duduk dekat jendela (Marie-Therese), Kamis (13/5), berhasil terjual Rp 1,5 triliun (US$ 103,4 juta).  Harga itu melampaui perkiraan penjualan awal sebesar US$ 55 juta.

Baca Juga: Lukisan kepala beruang karya maestro Leonardo da Vinci ini tembus Rp 238 miliar

Keith Gill, kepala departemen Impresionis dan Seni Modern di Christie's London, mengatakan karya pelukis asal Spanyol itu memang sudah banyak dikenal. Lukisan berjudul asli Femme assise près d'une fenêtre ini pernah tampil di pameran Picasso 1932 di Tate Modern  tahun 2018.

"Ini adalah gambar yang sangat ikonik. Ini belum pernah terlihat di pelelangan sejak 2013. Dan apresiasi terhadap potret Marie-Therese, terutama dari tahun 1932, telah berkembang pesat sejak saat itu. Jadi ini akan menjadi harga yang menonjol untuk artisnya, "kata Gill seperti dikutip Reuters, Sabtu (15/5).

Proses lelang lukisan ini cukup sengit hingga akhirnya seorang pemenang asal California bisa menang melalui penawaran online.

Lelang hari Kamis (13/5) yang disiarkan langsung dari Rockefeller Center ini menandai karya kelima pelukis Spanyol yang terjual lebih dari US$ 100 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Lamgiat Siringoringo

Terbaru