Daikin Streamer Duct Chamber, Tingkatkan Sirkulasi Udara di Ruang Tertutup

Senin, 22 Agustus 2022 | 14:00 WIB   Reporter: Tim KONTAN
Daikin Streamer Duct Chamber, Tingkatkan Sirkulasi Udara di Ruang Tertutup

ILUSTRASI. Kontan - Daikin Kilas Online


ALAT KESEHATAN - Pandemi membuat pola aktivitas dalam ruang tertutup pada bangunan komersial seperti gedung perkantoran, hotel, ruang pertemuan hingga café berubah. Karakteristik ruang tertutup yang didominasi dengan ventilasi yang terbatas, hanya mengandalkan aliran udara pada perangkat penyejuk ruangan (air conditioner), menimbulkan tanya terkait dengan kualitas kebersihan udara.

Perlindungan terhadap berbagai partikel mikro yang menimbulkan efek tidak baik untuk kesehatan seperti PM 2.5 (Particulate Matter atau materi berukuran 2.5 mikron). Debu halus dapat menjadi pemicu gangguan saluran pernafasan. Misalnya, infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

Daikin mempunyai solusi untuk memperoleh sirkulasi udara yang baik dengan produk teranyarnya, Daikin Streamer Duct Chamber. Berwujud kotak ventilasi khusus, pemasangan unit terpisah dengan perangkat AC dalam ruang. Pilihan peletakannya sendiri dapat menjadi saluran penangkap udara bebas langsung dari luar ataupun berfungsi menarik udara dalam ruang sebagai bagian sirkulasi sebelum dialirkan melewati unit di dalam AC.

Teknologi Streamer yang digunakan bisa melakukan pembersihan udara lebih optimal. Berwujud pancaran radiasi pelepasan plasma secara stabil yang menghasilkan elektron berkecepatan tinggi, streamer untuk menguraikan virus, bau, bakteri dan polutan udara dalam ruangan seperti formaldehida. Tenaga penguraiannya setara dengan energi panas sebesar 100,000°C.

Ditempatkan setelah pre filter yang menjadi saringan pertama pembersihan udara dari debu dan partikel yang lebih besar.  Proses kerjanya dibagi pada tiga tahapan yakni proses clash, cycle dan clean. Proses pertama, menyubtitusi radiasi dengan elektron kecepatan tinggi yang akan mengeluarkan 4 komponen aktif (Excited Oxygen, Excited Nitrogen, OH Radical dan Oxygen Radical) untuk menginaktivasi dan menguraikan virus dan bakteri.

Selanjutnya, proses cycle yang bertugas menghilangkan bau tak sedap dalam ruang sekaligus mengembalikan kapasitas filter seperti sedia kala. Setelahnya kedua tahapan ini terlewati, disempurnakan dengan proses pembersihan

Dilengkapi dengan filter MERV14, menambah performa dalam penangkapan partikel micron lebih optimal dibanding dengan MERV13 yang direkomendasikan ASHRAE (American Society of Heating, Refrigerating and Air-Conditioning Engineers). Bila rekomendasi MERV13 didasarkan pada efektivitasnya yang mencapai 85% dalam menangkap partikel berukuran 1 hingga 3 mikron, MERV14 memiliki efektivitas hingga 90% untuk partikel berukuran sama.

Proses pembersihan akhir diserahkan pada Deodorizing Filter, berfungsi untuk menghilangkan bau tak sedap yang terbawa bersama aliran udara.

Menariknya instalasi ini terpisah dari unit indoor AC, memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk memilih unit indoor AC yang paling sesuai dengan estetika keseluruhan ruang. Bila Anda tengah merencanakan pilihan indoor AC bagi bangunan komersial dengan perhatian pada kebersihan sirkulasi udara dalam ruang, Daikin Streamer Ceiling Mounted Cassette dapat menjadi pilihan. Bentuknya yang sederhana dan estetik dengan peletakannya yang dapat menempel di langit-langit, menjadi sentuhan tersendiri bagi keseluruhan interior ruang.  

Tertarik untuk memiliki unit Daikin Streamer Duct Chamber? Silakan hubungi lebih lanjut di HQ.ConsultingSales@daikin.co.id

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ridwal Prima Gozal

Terbaru