Dalam Proses Seleksi Prakerja Artinya Apa? Ini Cara Cek Pengumuman Prakerja

Kamis, 14 Juli 2022 | 08:49 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Dalam Proses Seleksi Prakerja Artinya Apa? Ini Cara Cek Pengumuman Prakerja

ILUSTRASI. Dalam Proses Seleksi Prakerja Artinya Apa. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/nz

KONTAN.CO.ID - Apa maksudnya "Dalam Proses Seleksi" di dashboard Kartu Prakerja menjadi salah satu pertanyaan yang ditanyakan oleh pendaftar Prakerja Gelombang 36. 

Seperti diberitakan, pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 36 resmi ditutup kemarin, Selasa (12/7/2022) malam. Para pendaftar pun kini menantikan pengumuman hasil seleksi Prakerja Gelombang 36. 

Di tahap seleksi ini di dashboard pendaftar Prakerja terdapat tulisan "Dalam Proses Seleksi". Lantas, keterangan "Dalam Proses Seleksi" artinya apa? 

Dikutip dari laman resmi Prakerja.go.id, arti dari Prakerja "Dalam Proses Seleksi" adalah proses seleksi untuk menjadi Penerima Kartu Prakerja sedang berjalan. Nah, pendaftar bisa memantau secara berkala dashboard untuk mengetahui status kelolosan Kartu Prakerja Gelombang 36.

Baca Juga: Ketentuan Upload KTP di dashboard.prakerja.go.id Buat Daftar Gelombang 36 Prakerja

Bagimana cara mengecek lolos Prakerja atau tidak? 

Prakerja dalam proses seleksi

Pengumuman hasil seleksi Prakerja Gelombang 36 bisa dicek secara online melalui laman resmi Kartu Prakerja. Para peserta dapat mengetahui pengumuman seleksi secara online melalui laman resmi Kartu Prakerja.

Jika lolos seleksi Gelombang, pendaftar akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS dan email. 

Lalu, pada tanggal pengumuman Gelombang, login ke akun Prakerja, lalu akan muncul 3 video tentang Kartu Prakerja. Pastikan pendaftar Prakerja menonton ketiga video tersebut untuk dapat melihat nomor Kartu Prakerja Anda. 

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling Bekasi Hari Ini 12/7/2022, Syarat Perpanjang Tidak Banyak

Jika pendaftar tidak lolos, akan ada notifikasi “Kamu Belum Berhasil” pada dashboard akun Prakerja. Selain itu, pendaftar juga bisa melihat alasan tidak lolos setiap Gelombang yang Anda ikuti di dashboard Prakerja.

Untuk saat ini, Program Kartu Prakerja hanya diberikan untuk pendaftar atau keluarga yang belum terdaftar sebagai penerima bantuan sosial lain dari pemerintah.

Namun, tak perlu khawatir jika tidak diterima pada seleksi Program Kartu Prakerja Gelombang 37 karena masih ada kesempatan untuk mendaftar pada gelombang berikutnya.

Baca Juga: 2 Jalur PMB Universitas Pertamina 2022 Masih Dibuka, Cek Syarat Daftarnya Ini

Kapan pengumuman Prakerja Gelombang 36?

Prakerja dalam proses seleksi

Dikutip dari laman Surabaya.tribunnews.com (13/7/2022), sampai saat ini, belum ada informasi resmi terkait jadwal pengumuman hasil seleksi Kartu Prakerja gelombang 36.

Lantas, berapa lama proses seleksi Prakerja? Nah, pendaftar bisa memprediksi dengan berkaca dari gelombang-gelombang sebelumnya.

Jika berkaca dari gelombang sebelumnya, hasil Kartu Prakerja paling cepat diumumkan 2-3 hari setelah penutupan. Maka, hasil Kartu Prakerja Gelombang 36 diprediksi akan diumumkan pada Kamis (14/7/2022) atau Jumat (15/7/2022).

Demikian penjelasan mengenai arti Prakerja "Dalam Proses Seleksi", cara mengecek pengumuman hasil seleksi Prakerja Gelombang 36, berapa lama proses seleksi Prakerja serta pengumuman Prakerja Gelombang 36.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru