Danau Toba hadirkan destinasi pantai, Batuhoda

Rabu, 29 Agustus 2018 | 06:26 WIB   Reporter: Nur Pehatul Janna
Danau Toba hadirkan destinasi pantai, Batuhoda

ILUSTRASI.


WISATA - JAKARTA. Setelah penerbangan langsung internasional dibuka, kawasan Danau Toba terus dipercantik. Destinasi pun semakin dilengkapi guna memikat wisatawan. Salah satu yang terbaru adalah Danau Toba bakal memiliki destinasi pantai pertama yakni Batuhoda. Wisata pantai ini rencananya akan diluncurkan awal September.

Ombang Siboro, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir mengatakan asal mula Batuhoda ini merupakan suatu legenda kepercayaan masyarakat dimana katanya dulu ada kuda datang dari perairan dan terdampar di Danau Toba.

"Namun karena ia kesepian, kuda itu mencari pasangan tapi tidak didapat. Akhirnya ia pun diam membatu. Batu tersebut dipercaya berada dipinggiran pantai dan diapit batu-batu lain," ujarnya dalam siaran pers, Selasa (28/8).

Menurutnya, isi dari legenda Batuhoda yang dipercayai masyarakat diharapkan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke Danau Toba.

"Tidak hanya cerita, guna menarik wisatawan, pantai Batuhoda di desain dengan konsep kekinian yang mimiliki spot instagramable, rumah pohon, hingga ikon pantai berbentuk kuda hitam yang terbuat dari material ban bekas," tuturnya.

Tidak hanya itu, lanjut Ombang di Batuhoda juga akan ada konsep glamcamp dimana akan disediakan area camping dan rencananya juga akan didirikan penginapan.

"Pantai Batuhoda rencananya akan dibuat sangat modern dan berbagai rencana tersebut akan dilakukan sambil berjalan hingga pantai ini akan benar-benar langkap," ujarnya.

Selain itu, tambah Ombang, pantai Batuhoda merupakan milik seorang warga. Namun, pengelolaan pantai ini dikerjasamakan dengan Dinas Pariwisata Samosir.

“Lahannya punya warga. Tapi dikerjasamakan dengan kita. Termasuk desain dan pengelolaannya itu dari kita. Nantinya kita juga merangkul masyarakat untuk berjualan di sini. Sistemnya bagi hasil. Tapi kulinernya juga ada standar kualitasnya. Karena kita tidak hanya merangkul wisatawan lokal dan nusantara, tetapi juga mancanegara,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru