Dapat Mengurangi Risiko Diabetes, Ini 7 Manfaat Mengkonsumsi Cokelat Hitam

Selasa, 17 Mei 2022 | 10:37 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Dapat Mengurangi Risiko Diabetes, Ini 7 Manfaat Mengkonsumsi Cokelat Hitam

ILUSTRASI. Manfaat mengkonsumsi cokelat hitam.


KESEHATAN - Cokelat hitam adalah salah satu jenis cokelat yang dipercaya memiliki segudang manfaat ya g baik untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah mampu mengurangi risiko diabetes.

Selain itu, cokelat hitam juga memiliki protein lebih tinggi dibandingkan dengan cokelat biasa. Cokelat hitam mengandung lemak dari mentega kakao, sedangkan cokelat biasa berasal dari mentega susu. 

Melansir dari Healthline, ada jenis manfaat cokelat hitam lain bagi kesehatan tubuh manusia, diantaranya adalah:

Baca Juga: SnapInsta, Download Reels Instagram Gratis Mudah Tinggal Tempel Link

Menjaga Kesehatan Jantung

Dilansir dari jurnal Nutrients, bahwa kandungan epikatekin, katekin dan prosianidin dalam cokelat hitam dapat membantu mengurangi penggumpalan darah. 

Senyawa tersebut meningkatkan fungsi endotelium yang mempunyai peran penting dengan cara kerja jantung. Pasalnya endotelium mengontrol pembekuan darah serta mampu mengendalikan kontraksi pembulu darah, oleh karena itu cokelat hitam bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Mengurangi Risiko Diabetes

Selain bermanfaat bagi kesehatan jantung, cokelat hitam juga dapat mengurangi risiko diabetes. Senyawa flavanol dalam cokelat hitam mampu meningkatkan hormon insulin, sehingga sel dalam tubuh dapat merespon dengan baik dengan begitu sel-sel tubuh dapat menyerap glukosa lebih mudah dan merubahnya menjadi energi. 

Menghambat Penuaan

Cokelat hitam dipercaya juga dapat menghambat penuaan. Hal tersebut dikarenakan cokelat hitam memiliki kandungan antioksidan yang khas, yaitu flavanol. 

Dalam penetilitian Critical Reviews in Food Science and Nutrition, dikatakan bahwa kandungan flavanol mampu meningkatkan peredaran darah pada jaringan kulit. Hal tersebut membuat kulit terhidrasi dan kulit akan terasa halus sehingga terhindar dari keriput atau tanda-tanda penuaan lainnya.

Baca Juga: Hari Raya Waisak 2566 BE, Cek Lagi Daftar Hari Libur Naisional Bulan Mei 2022

Menurunkan Depresi

Manfaat cokelat hitam lainnya adalah dapat menurunkan depresi seseorang. Pasalnya terdapat senyawa kimia di dalam cokelat hitam yang dapat membuat kinerja dopamin atau senyawa kimia di otak yang menimbulkan rasa bahagia menjadi bekerja lebih baik. 

Selain itu, cokelat hitam juga mengandung flavanol, kafein dan teobromin yang bisa memberikan ketenangan lebih sehingga dapat mengurangi gejala depresi.

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru