Gadget

Dari Nol ke Jutaan Views: 5 Strategi Kreator TikTok yang Terbukti Ampuh

Jumat, 08 Agustus 2025 | 13:54 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Dari Nol ke Jutaan Views: 5 Strategi Kreator TikTok yang Terbukti Ampuh

ILUSTRASI. Angga Anugrah Putra, General Manager Content Operations Southeast AsiaTikTok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjadi kreator konten kini bukan sekadar hobi, tapi profesi yang bisa ditekuni secara serius.

TikTok, yang berbasis pada content-graph alih-alih follower-graph, memberi peluang besar bagi siapa pun untuk menjangkau audiens luas melalui kualitas konten, bukan jumlah pengikut.

Baca Juga: Orangtua Bisa Tahu Aktivitas TikTok Remaja dengan Family Pairing, Cek Kegunaannya

Dalam TikTok SEA Growth Summit akhir Juli lalu, kreator dan publisher Asia Tenggara berbagi strategi agar pemula bisa bertumbuh di platform ini. Berikut 5 tips utama:

1. Konsistensi adalah kunci

Kreator kuliner asal Thailand, Thanyaporn Sanguanlosit (@farmiscooking), memulai perjalanan di 2020 tanpa menunjukkan wajah. Dengan unggahan konsisten dan terus bereksperimen, ia kini punya 1,4 juta pengikut. Data TikTok menunjukkan 60% pengguna merasa menjadi bagian komunitas, yang memperkuat rasa percaya diri kreator seperti Farm.

2. Pahami audiens yang dituju

Mantan atlet renang Richard Sam Bera, kini CEO Tim Indonesia (@timindonesiaofficial), membangun basis penggemar lewat konten behind the scenes atlet, kompetisi besar, dan tips olahraga populer. Akun ini telah meraih lebih dari 300 ribu pengikut, seiring tren konten olahraga di Asia Tenggara yang naik 57% pada 2024.

Baca Juga: 8 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok dengan Mudah di Tahun 2025

3. Manfaatkan pengetahuan dan keahlian

Kreator edukasi Dennis Guido (@naktekpang) mengemas latar belakang teknologi pangan ke dalam eksperimen seru. Konten edukasi di Asia Tenggara punya peluang 14 kali lebih besar untuk ditonton, dengan topik STEM naik 35% sejak peluncuran fitur STEM Feed.

4. Riset untuk konten kredibel

Dengan 4,7 juta pengikut, Jerhemy Owen (@jerhemynemo) menekankan pentingnya riset mendalam dan sumber valid, terutama untuk konten lingkungan. Sebanyak 78% pengguna TikTok mengaku belajar hal baru dari platform ini.

Baca Juga: Begini Cara Blokir Akun TikTok biar Tidak Bisa Lihat Profil dan Video Anda Lagi

5. Fokus pada konten apik, menarik, dan niche

Menurut Angga Anugrah Putra, GM Content Operations TikTok Asia Tenggara, tiga elemen sukses konten adalah well crafted, engaging, dan specialized.

“Ketika kita berbicara soal autentisitas konten, tentu kesungguhan kita itu penting. Tapi perlu diingat juga, konten berkualitas itu adalah fondasi yang mendorong kesuksesan kreator. Di TikTok, kami menyediakan berbagai tools untuk mendukung para kreator, yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan kolaborasi dan memastikan kreator dapat menciptakan konten yang berkualitas,” ujar Angga melalui keterangannya diterima Jumat 98/8/2025).

Data internal menunjukkan konten autentik dan berkualitas 3x lebih berpeluang mendapat views, 40x lipat pertumbuhan pengikut, dan 72% lebih unggul di durasi tonton.

Dengan peluang sebesar ini, tak ada waktu lebih tepat untuk mulai berkarya di TikTok dan menemukan audiens yang tepat.

Selanjutnya: BI Rate Turun dan Permintaan Kredit Melemah, NIM Bank OCBC NISP Menyusut

Menarik Dibaca: 6 Rekomendasi Film Tentang Olahraga yang Penuh Inspirasi dan Semangat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto
Terbaru