Dekornata Catat Kenaikan Penjualan 8 Kali Lipat Setelah Manfaatkan Fitur Shopee Live

Kamis, 31 Agustus 2023 | 14:00 WIB   Reporter: Tim KONTAN
Dekornata Catat Kenaikan Penjualan 8 Kali Lipat Setelah Manfaatkan Fitur Shopee Live


GAYA HIDUP - “Home sweet home” adalah ungkapan yang tepat disematkan untuk rumah kita, sebuah tempat yang paling nyaman untuk bercengkrama dengan keluarga terkasih.

Layaknya pondasi kehidupan, rumah berperan untuk menciptakan suasana keluarga yang harmonis dan nyaman. Pilihan dekorasi yang berkualitas akan mewujudkan nuansa rumah yang penuh kehangatan.

Salah satu jenama (brand) yang menyediakan perabot terbaik adalah Dekornata yang didirikan oleh pemuda tanah air Indonesia bernama Giovanno Warli. Dekornata sendiri fokus di bisnis home living, pertama kali didirikan pada tahun 2018. Kehadiran brand lokal ini terinspirasi dari kekayaan sumber daya alam nusantara dan pengrajin lokal yang bertalenta.

Founder of Dekornata Giovanno Warli mengungkapkan awalnya Dekornata hanya mengandalkan tiga pengrajin asal Bogor untuk memproduksi tatakan gelas hingga nampan. Tak disangka, kini Dekornata berhasil berkembang pesat.

Produk brand lokal Dekornata. Sumber: Facebook Dekornata

Kini Dekornata beradaptasi dengan mengembangkan bisnis secara online, salah satunya dengan bergabung di Shopee Live. Dekornata menampilkan produk dekorasi yang menarik di Shopee Live. Berkat produk tersebut, omzet penjualannya berhasil naik hingga delapan kali lipat di lapak live streaming Shopee.

Dilansir dari siaran resmi Shopee bertajuk “Mengukir Cerita dari Keluarga” pada Selasa (22/08/2022), Giovanno menyampaikan Shopee telah berkontribusi untuk memaksimalkan potensi penjual dalam mengembangkan bisnis dengan menghadirkan serangkaian promo menarik, kampanye tematik, hingga fitur-fitur interaktif seperti Shopee Live.

Dekornata sangat mengapresiasi dukungan dari Shopee, salah satunya dari kemudahan penggunaan fitur Shopee Live yang mempercepat proses adaptasi bisnisnya. “Kami juga awalnya masih belajar untuk berjualan dengan cara ini. Namun dukungan serta manfaat yang Shopee berikan sangat terasa oleh kami. Tidak hanya fiturnya yang mudah digunakan sehingga kami tidak perlu terlalu lama beradaptasi. Shopee Live juga memberikan efektivitas karena peningkatan jumlah order melalui Shopee Live yang mengalami peningkatan hingga tiga kali  lipat yang dibarengi juga dengan peningkatan GMV hingga delapan kali lipat,” ujar Giovanno.

Produk brand lokal Dekornata. Sumber: Facebook Dekornata

Giovanno menjelaskan, alasan Dekornata memilih Shopee Live sebagai fitur live shopping andalan karena Shopee Live membawa traffic yang jauh lebih tinggi dibandingkan fitur live shopping di platform lain. Tak ayal Kesuksesan Dekornata juga dapat menjadi salah satu kisah inspiratif dari brand lokal di ranah bisnis online setelah memanfaatkan fitur Shopee Live.

Mengutip dari riset Populix pada Mei 2023 berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia”, 69% responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang paling sering digunakan atau Brand Used Most Often (BUMO), melampaui pesaingnya TikTok Live di angka 25%.

Riset tersebut juga mengungkapkan porsi pangsa pasar dari jumlah dan nilai transaksi yang tertinggi. Pada indikator pangsa pasar jumlah transaksi (Share of Order), Shopee sukses mencatatkan pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi (56%), jauh melampaui TikTok Live dengan persentase 30%. Sedangkan pada pangsa pasar nilai transaksi (Share of Revenue), Shopee menduduki peringkat pertama dalam mencatatkan pasar nilai transaksi terbesar, yaitu 54% berada jauh di atas TikTok Live (31%).

Berdasarkan hasil riset yang sama, tercatat bahwa 60 persen responden menyebut Shopee Live adalah brand Top of Mind (TOM) alias merek yang pertama kali muncul di benak mereka ketika berbicara terkait live shopping di Indonesia melampaui pesaingnya, yakni TikTok Live (30%), LazLive (4%), dan Tokopedia Play (2%).

Masih mengutip dari hasil riset tersebut, kategori Home & Living Shopee Live tercatat paling unggul dibandingkan pesaingnya. Shopee menduduki peringkat teratas pada kategori perlengkapan rumah (72%), jauh melebihi kompetitornya seperti TikTok (42%), Tokopedia (20%), dan Lazada (15%).

Tentunya tak hanya menguntungkan para seller, fitur Shopee Live juga memberikan penawaran menggiurkan untuk para penggunanya, diantaranya promo Shopee Live Semua Diskon 50% dan Gratis Ongkir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Indah Sulistyorini

Terbaru