CLOSE [X]

Derrick Michael Xzavierro, Atlet Basket Indonesia yang Berpotensi Main di NBA

Senin, 21 Februari 2022 | 09:10 WIB Sumber: Kompas.com
Derrick Michael Xzavierro, Atlet Basket Indonesia yang Berpotensi Main di NBA

ILUSTRASI. Derrick Michael Xzavierro calon pemain NBA pertama dari Indonesia


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Derrick Michael Xzavierro menjadi buah bibir. Derrick Michael Xzavierro adalah atlet basket Indonesia yang berpotensi bermain di kompetisi basket ternama, NBA. Bagaimana profil Derrick Michael Xzavierro sebagai atlet basket Indonesia?

Derrick Michael Xzavierro berpotensi menjadi aset berharga bagi perkembangan industri olahraga Indonesia. Saat ini, dia merupakan satu-satunya wakil Indonesia yang bergabung dalam NBA Global Academy.

Potensi dan bakat Derrick Michael Xzavierro menjadi perhatian selama menjalani tahun pertama bergabung bersama NBA Academy. Berikut profil singkat Derrick Michael Xzavierro:

Derrick Michael Xzavierro memiliki tinggi badan 206 cm. Dia sangat mengesankan bagi anak berusia 18 tahun. Dengan kelebihan tersebut, Derrick Michael Xzavierro berkesempatan bermain sebagai forward di timnya.

Pria kelahiran 1 April 2003 ini memulai karirnya di ajang ASEAN School Games 2019 di Semarang. Kemudian, Derrick Michael Xzavierro bergabung di tim nasional basket senior Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Ini yang membawanya bergabung di NBA Global Academy di Australia pada 2021.

Derrick Michael Xzavierro menceritakan pengalaman adaptasinya selama mengikuti pelatihan di Australia. “Adaptasiku saat di NBA Academy tidak begitu sulit, karena pemain lain dan para pelatih sangat membantuku selama proses penyesuaiandiri dengan suasana dan situasi yang baru dan asing,” ungkap Derrick Michael Xzavierro.

"Saya menikmati seluruh proses yang disiapkan dan merasa nyaman di sana. Jadi, tidak sulit bagiku untuk beradaptasi selama di Australia."

Baca Juga: ​11 Cara Menambah Berat Badan untuk Mendapatkan Tubuh Ideal

Derrick Michael Xzavierro mengungkapkan, sejak 6 hingga 22 Desember 2021, NBA Global Academy menjalankan beberapa kegiatan pertandingan persahabatan yang dilaksanakan di Utah dan Las Vegas, Amerika Serikat.

Derrick Michael Xzavierro juga bercerita bahwa akan ada lebih banyak pertandingan di luar Australia yang dapat dinantikan oleh para fans. Saat ini, peserta NBA Academy Australia berasal dari Selandia Baru, Afrika, Indonesia, serta Australia. Mereka para pemuda berbakat dan passionate sehingga kompetisi antarpeserta sangat ketat.

Derrick Michael Xzavierro mengakui, pada awal mengikuti NBA Academy, dia kurang percaya diri. Padahal, tinggi badannya di atas rata-rata. Namun, latihan rutin, kerja keras, dan ketekunannya membuat Derrick Michael Xzavierro bangkit sehingga melewati masa sulit.

Peserta NBA Academy yang sedang bersaing ketat untuk menjadi yang terbaik di lapangan, saling mendukung di luar lapangan. “Hal paling berharga yang saya dapatkan dari NBA Academy adalah rasa kekeluargaan. Kami saling menganggap satu sama lain sebagai keluarga, dan kami semua saling mendukung satu sama lain," ujarnya.

"Bahkan, ketika nanti saya lulus dari NBA Academy, kami tetap keluarga."

Derrick, yang baru lulus SMA, saat ini masih berusaha menyeimbangkan latihannya sambil mengikuti kelas-kelas tambahan untuk meningkatkan kemampuannya berberbahasa Inggris. Dia sangat termotivasi oleh kesuksesan alumni NBA Academy, Josh Giddey, yang bergabung di NBA melalui proses NBA Draft tahun 2021 lalu.

Derrick Michael Xzavierro melihat kesuksesan John Giddey sebagai motivasinya untuk terus maju menjadi pemain basket profesional. “Josh Giddey benar-benar memotivasi kami semua di sini. Kami terinspirasi dan mengagumi kesuksesannya. Terlebih lagi, ia merupakan senior kami di NBA Academy Australia," ungkap Derrick.

"Maka dari itu, setelah saya menyelesaikan program, saya ingin meneruskan karier saya menjadi pemain basket profesional melalui liga tingkat divisi satu saat kuliah dan berharap dapat melanjutkan karier profesional saya di tahap selanjutnya.”

Derrick Michael Xzavierro masih memiliki banyak hal yang harus dihadapi. Tetapi itu tidak menjadi penghalang demi mendalami passion-nya. Dengan dedikasi, kerja keras, serta keinginan berkembang, bukan mustahil suatu hari nanti Derrick Michael Xzavierro akan menjadi orang pertama dari Indonesia yang bermain di NBA.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kabar Derrick Michael Xzavierro, Calon Orang Pertama Indonesia yang Bermain di NBA",


Penulis : Aloysius Gonsaga AE
Editor : Aloysius Gonsaga AE

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru