Deru persaingan di pasar SUV premium

Kamis, 26 April 2012 | 08:51 WIB Sumber: Harian KONTAN, 26 April 2012
Deru persaingan di pasar SUV premium

ILUSTRASI. Mau bepergian sebelum larangan mudik Lebaran 2021 berlaku, siapkan dokumen ini


Pertumbuhan pasar sport utility vehicle (SUV) premium di Indonesia rata-rata memang hanya 5% per tahun. Tapi, bukan berarti pertarungan di segmen ini adem ayem saja; justru tidak kalah sengit dengan kelas lainnya. Menginjak bulan keempat tahun ini, sudah tiga model baru hadir meramaikan pasar SUV mewah.

Yang terbaru, Selasa (17/4) pekan lalu, Toyota Astra Motor meluncurkan New Land Cruiser 200. Kabar gembiranya, agen tunggal pemegang merek Toyota ini memangkas harga jual SUV premium jagoannya itu. Tak tanggung-tanggung, mereka menggunting harga New Land Cruiser 200 hingga Rp 750 juta dari harga aslinya.

Johnny Darmawan, Presiden Direktur Toyota Astra, menjelaskan, penurunan harga ini menyusul Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA), yang membebaskan bea masuk kendaraan bermotor. Alhasil, harga New Land Cruiser 200 menjadi Rp 1,185 miliar untuk varian standar dan Rp 1,475 milyar untuk varian full spec. "Penurunan harga ini juga jadi langkah Toyota Astra untuk meningkatkan penjualan mobil seri Land Cruiser," ujar Johnny.

Toyota Astra memasang target penjualan New Land Cruiser 200 sebanyak 20 hingga 30 unit per bulan. Sejauh ini, Johnny bilang, pemesanan yang masuk sudah ada 30–40 unit.

Joko Trisanyoto, Direktur Pemasar-an Toyota Astra, menambahkan, tahun lalu perusahaannya berhasil melego 852 unit Land Cruiser. Sedang target penjualan tahun ini sebanyak 903 unit atau tumbuh 5%–6%.

Tentu tak mudah bagi New Land Cruiser 200 merebut pasar SUV premium. Pesaingnya cukup banyak. Salah satunya malah datang dari Lexus LX 570 yang masih satu grup dengan Toyota Astra. SUV mewah yang mengalami perubahan minor alias facelift ini mengaspal perdana di Tanah Air pada 20 Maret 2012. "Tahun ini, target kami menjual 600 unit LX 570. Itu alokasi yang diberikan Jepang. Tapi, kami berharap bisa minta lebih dari angka itu," kata Adrian Tirtadjadja, General Marketing Lexus Indonesia.

Pangsa pasar 15%

Persaingan di pasar SUV premium makin sengit setelah Garuda Mataram Motor merilis New VW Touareg, Rabu (11/4) dua pekan lalu. Agen tunggal pemegang merek VW ini melepas New Touareg dengan harga Rp 1,2 miliar (off the road) untuk tipe standar. Tapi, konsumen bisa memesan fitur tambah-an sesuai keinginannya. Target penjualannya 40 unit tahun ini.

Tak hanya mendatangkan New VW Touareg, Garuda Mataram juga berencana meluncurkan Audi Q3 pada Juni 2012 nanti. Untuk Audi, selama ini mereka mengandalkan Q5 dan Q7. "SUV masih menjadi mobil favorit bagi pecinta otomotif di Indonesia," tutur Wanny Bhakti, Head of Marketing and PR Garuda Mataram.

Menurut Wanny, penjualan Audi Q5 meningkat dari cuma 7 unit di 2010 menjadi 27 unit pada 2011. Sementara penjualan Q7 juga naik dari 46 unit di 2010 jadi 69 unit pada 2011. "Pasar SUV premium akan terus tumbuh, meski pangsa pasar mobil mewah cenderung stagnan sekitar 4%–5% dari total volume penjualan mobil Indonesia," proyeksi Wanny.

Pasar SUV premium sendiri tahun lalu mencaplok 15% dari total pasar SUV seluruh segmen di negara kita yang mencapai 5.682 unit.

BMW yang punya empat seri SUV premium: X1, X3, X5, dan X6 tak gentar dengan bermunculannya model-model anyar. Helena Abidin, Director of Corporate Communications BMW Group Indonesia, tetap optimistis, penjualan SUV premium mereka tetap bagus. Tahun lalu, angka penjualannya total mencapai 438 unit.

Penjualan SUV premium di 2011 lalu memberikan kontribusi sebanyak 28% terhadap total penjualan BMW. Dan yang pasti, "Tahun ini kami lebih optimistis lagi karena seri X1 sekarang telah dirakit di Indonesia sehingga harga jualnya bisa lebih murah, serta sudah mendapat respons yang baik dari para konsumen," ungkap Helena.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari
Terbaru