Di CES 2024, LG Perkenalkan Robot Berbasis Kecerdasan Buatan untuk Dukung Smart Home

Jumat, 29 Desember 2023 | 13:44 WIB   Reporter: Ahmad Febrian
Di CES 2024, LG Perkenalkan Robot Berbasis Kecerdasan Buatan untuk Dukung Smart Home


TEKNOLOGI - JAKARTA.  LG Electronics (LG) siap meluncurkan teknologi smart home AI Agent terbaru pada ajang Consumer Electronics Show 2024 (CES 2024). CES adalah sebuah acara pameran teknologi dan inovasi internasional yang akan berlangsung pada tanggal 9-12 Januari 2024 di Las Vegas, Amerika Serikat.

AI Agent merupakan asisten robot yang diterapkan dalam LG’s smart home dan dilengkapi dengan teknologi mutakhir. Sehingga mampu bergerak, belajar, memahami, dan bercakap dengan pengguna. Sebagai pengelola dan pendamping rumah tangga yang serba bisa, AI Agent dikembangkan oleh LG untuk meningkatkan kehidupan sehari-hari pengguna.

Dengan desain roda berkaki dua, AI Agent LG mampu menjelajahi rumah secara mandiri. Perangkat cerdas ini dapat berinteraksi secara verbal dengan pengguna dan mengekspresikan emosi serta gerakan karena memiliki sendi kaki yang fleksibel. Selain itu, perangkat  dilengkapi dengan teknologi multi-modal yang menggabungkan pengenalan suara dan gambar serta pemrosesan bahasa alami sehingga dapat memahami konteks, perintah, dan berkomunikasi secara aktif dengan pengguna.

Baca Juga: AC Inverter Terbaru LG Meraih Tingkat Komponen Dalam Negeri Hingga 26,31%

Sebagai pendukung rumah cerdas yang 'bergerak', AI Agent yang futuristik ini terhubung dengan berbagai peralatan berbasis internet of things (IoT) dan mampu mengoperasikannya secara mandiri. Melalui kolaborasi dengan Qualcomm Technologies, Inc., AI Agent dilengkapi  Platform Qualcomm Robotics RB5 yang menghadirkan berbagai fitur AI canggih seperti pengenalan wajah dan suara pengguna.

AI Agent juga menggunakan kamera, speaker, dan sensor internal untuk mengumpulkan data lingkungan secara real-time, termasuk suhu, kelembapan, dan kualitas udara dalam ruangan. Teknologi AI LG  menganalisis data tersebut, mempelajari dan menggabungkannya dengan informasi eksternal. 

AI Agent dapat berpatroli di dalam rumah secara mandiri saat tidak ada orang, berpindah ruangan, dan mengirimkan notifikasi ke ponsel pengguna apabila terdapat jendela yang terbuka ataupun lampu yang masih menyala. Selain itu, AI Agent dapat membantu menghemat energi dengan mematikan perangkat yang tidak digunakan di seluruh rumah apabila telah dihubungkan ke stopkontak cerdas yang terhubung dengan IoT.

“Kami menggabungkan mobilitas otonom mutakhir dan teknologi kecerdasan buatan yang mampu berkomunikasi dan melayanani pengguna. Sehingga pengguna terbebas dari beban pekerjaan rumah tangga,” ujar Lyu Jae-cheol, Presiden Direktur LG Electronics Home Appliance & Air Solution Company, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (29/12).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ahmad Febrian

Terbaru