Diet Menurunkan Berat Badan? Coba 6 Makanan yang Mengandung Banyak Serat Ini

Selasa, 26 April 2022 | 10:11 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Diet Menurunkan Berat Badan? Coba 6 Makanan yang Mengandung Banyak Serat Ini

ILUSTRASI. Delima adalah salah satu makanan yang mengandung banyak serat.


KESEHATAN - Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan saat menjalankan program diet menurunkan berat badan.

Bahkan, serat adalah salah satu nutrisi yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung fungsi tubuh berjalan lancar. Salah satu manfaat dari mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat yaitu mampu melancarkan pencernaan.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, cukup banyak makanan yang mengandung banyak serat yang bisa menjadi pilihan. 

Baca Juga: Jangan Makan Sembarangan Saat Sahur dan Buka Puasa, Simak 5 Penyebab Diare Ini

Melansir dari Eat This, berikut beberapa daftar makanan yang mengandung banyak serat, di antaranya: 

Delima

Buah delima termasuk salah satu makanan yang mengandung banyak serat. Buah yang memiliki rasa manis dan segar ini juga mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat membantu menghilangkan lemak dalam tubuh. 

Sehingga mengkonsumsi buah delima yang mengandung banyak serat, mampu mempercepat penurunan berat badan menjadi lebih efektif. 

Kacang Merah 

Makanan yang mengandung banyak serat selanjutnya adalah kacang merah. Pasalnya, kacang-kacangan merupakan makanan yang kaya akan serat. Khususnya kacang merah, juga mengandung protein yang tinggi dan tentunya baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mudik Lebaran

Alpukat

Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah yang mengandung lemak sehat. Namun, selain itu alpukat juga termasuk makanan yang mengandung banyak serat loh. 

Mengkonsumsi alpukat mampu membuat Anda terasa kenyang lebih lama. Sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi saat diet menurunkan berat badan. 

Apel 

Mengkonsumsi apel sangat baik untuk kesehatan. Pasalnya, apel mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh termasuk serat. 

Selain mengandung banyak serat, apel juga mempunyai rasa yang enak serta dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. 

Pisang 

Pisang

Pisang adalah buah yang identik dikonsumsi oleh para atlet. Hal tersebut dikarenakan pisang mengandung banyak serat dan protein yang baik untuk menambah energi dan stamina. Selain itu, mengkonsumsi pisang juga baik untuk mengontrol tekanan darah. 

Baca Juga: Efektif Menurunkan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Brokoli

Makanan yang mengandung banyak serat selanjutnya adalah brokoli. Salah satu jenis sayuran hijau ini bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, brokoli bisa diolah menjadi berbagai makanan yang enak untuk dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru