Diisukan diganti, ini kandidat kuat calon pengganti Zinedine Zidane di Real Madrid

Senin, 26 Oktober 2020 | 16:15 WIB Sumber: Sport Skeeda
Diisukan diganti, ini kandidat kuat calon pengganti Zinedine Zidane di Real Madrid

ILUSTRASI. Diisukan diganti, ini kandidat kuat calon pengganti Zinedine Zidane di Real Madrid.REUTERS/Susana Vera TPX IMAGES OF THE DAY

KONTAN.CO.ID - MADRID. Nahkoda untuk raksasa Spanyol, Real Madrid, Zinedine Zidane kini dikabarkan tidak pasti soal masa depannya. Real Madrid memberikan sinyal adanya perubahan pelatih yang diperkirakan akan terjadi ketika performa Los Blancos tidak konsisten. 

Mengutip dari Sportskeeda.com, Zidane datang mengambil alih kendali Real Madrid pada Januari 2016 setelah Rafa Benitez gagal bersinar. Namun kini di Eropa di mana pasukan Zidane bersinar tidak seperti yang lain. Real Madrid memenangkan gelar Liga Champions ke-11 mereka di musim pertama pelatih asal Prancis itu bertugas di klub dan memenangkan dua gelar lagi dalam dua musim berikutnya.

Meskipun Real Madrid gagal memenangkan gelar La Liga berturut-turut pada musim berikutnya, Zinedine Zidane memimpin klub tersebut ke tiga tahapan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Liga Champions.

Sebagai tanda cemerlang dari kecerdasan dan silsilah taktisnya, Zinedine Zidane tahu bahwa dengan tidak adanya pencetak gol yang kuat seperti Ronaldo, tim akan membutuhkan upaya yang lebih kolektif di depan.

Baca Juga: Peringkat Dunia FIFA: Belgia kokoh di puncak, Indonesia?

Real Madrid dan Zinadene Zidane

Dengan Karim Benzema naik ke tantangan, Thibaut Courtois pulih dari kampanye debut yang acuh tak acuh untuk memenangkan kembali para pendukung setia Madrid, dan kapten Sergio Ramos bersinar di kedua ujung lapangan, Real Madrid menggunakan masterclass defensif yang tidak seperti biasanya.

Kini di musim 2020/2021, Real Madrid telah tersandung melawan Cadiz yang baru dipromosikan sebelum mengalami kekalahan kandang lainnya dari Shakhtar Donetsk yang tidak berawak di Liga Champions.

Meskipun menaklukan Barcelona di partai laga El Clasico, namun dengan penampilan inkosisten dari Real Madrid membuat isu didepaknya Zinedene Zidane tak terbendung. 

Berikut nama-nama kandidat kuat calon pengganti Zinedene Zidane di Real Madrid:

1. Raul Gonzalez

Raul Gonzalez adalah salah satu pemain paling berprestasi dalam sejarah Real Madrid. Selama 16 tahun bertugas di Santiago Bernabeu, striker tersebut menjadi pencetak gol sepanjang masa dan pemain dengan penampilan terbanyak untuk Real Madrid. Kini Raul Gonzalez telah memimpin tim junior Real Madrid dan membawanya meraih gelar di UEFA Youth League musim lalu.

Raul digadang bisa menjadi pengganti yang layak dan siap pakai untuk Real Madrid ketika Los Blancos memutuskan untuk berpisah dengan Zinedine Zidane.

Terlepas dari pengalamannya dalam manajemen klub senior, striker legendaris ini memiliki kemampuan untuk memimpin salah satu klub sepak bola paling terkenal di dunia.

2. Massimiliano Allegri

Massimiliano Allegri memiliki salah satu catatan manajerial paling mengesankan dalam pertandingan sepak bola klub.

Pria berkebangsaan Italia berusia 53 tahun terkenal karena kepandaiannya yang taktis dan cerdas. Allegri berhasil mengantarkan lima gelar Serie A berturut-turut selama tugas yang sangat sukses di Juventus, dan membawanya ke dua final Liga Champions.

Namun, ketidakmampuan eks pemainnya untuk membantu Bianconeri menaklukkan pentas Eropa membuatnya terancam dipecat pada akhir musim 2018-19.

Allegri, yang saat ini tidak memiliki pekerjaan, sedang diincar oleh klub-klub top di benua seperti Chelsea, Manchester United dan Paris St. Germain . Meskipun ia belum pernah mengelola tim di luar negara asalnya Italia, mantan pelatih Juventus ini memiliki pengalaman mengelola tim besar dengan jam terbang tinggi.

Hal ini yang membuat Allegri menjadi pilihan ideal untuk posisi puncak Real Madrid ketika Zinedine Zidane dibebastugaskan.

Baca Juga: Hasil tes terbaru, Cristiano Ronaldo masih positif terjangkit virus corona

3. Mauricio Pochettino 

Mantan pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino adalah manajer dengan jam terbang tinggi lainnya yang cukup siap untuk mengambil alih Real Madrid ketika Zinedine Zidane diminta keluar.

Mantan pemain timnas Argentina itu kabarnya telah 'dihubungi' oleh Real Madrid terkait hal ini. Namun, itu tidak berarti bahwa pekerjaan Zinedine Zidane dalam bahaya dalam waktu dekat.

Mauricio Pochettino juga berhasil memimpin klub London itu ke puncak gelar Liga Champions perdananya, tetapi gagal merengkuh gelar setelah kalah dari Liverpool.

4. Thomas Tuchel

Thomas Tuchel mungkin tampak seperti nama yang tidak biasa dalam daftar ini karena Tuchel sedang mengelola raksasa Ligue 1, Paris St. Germain.

Namun, pelatih asal Jerman telah membawa klub Prancis itu ke final Liga Champions perdananya musim lalu. Selama tugas sebelumnya dengan Borussia Dortmund di negara asalnya Jerman, Tuchel mencatatkan rekor kemenangan 63% yang mengesankan saat memberikan trofi pertama klub dalam lima tahun - DFB Pokal 2017-18. 

Catatan itu merupakan gelar pertama pelatih berusia 47 tahun itu dalam karir manajerialnya. Setelah dilaporkan tidak disukai oleh jajaran Dortmund, Tuchel pindah dari North Rhine Westphalia dan tiba di Paris

Tuchel telah menunjukkan sikap fleksibilitas taktis yang mengesankan karena ia dengan bijaksana menggunakan bakat dan ego yang eksplosif dari pemain-pemain terkenal Neymar, Kylian Mbappe dan Edinson Cavani untuk memproduksi barang-barang di depan sambil mempertahankan soliditas pertahanan.

5. Julian Nagelsmann

Julian Nagelsmann menjadi salah satu manajer aktif termuda dalam manajemen klub-sepak bola. Pria berusia 33 tahun tersebut pertama kali mengukir namanya di TSG 1899 Hoffenheim. Nagelsmann berhasil membawa klub tersebut ke Liga Champions untuk pertama kalinya. 

Kini, Nagelsmann menjadi orang termuda yang mengelola 100 pertandingan Bundesliga sebelum pindah ke Leipzig pada musim panas 2019. Prestasi selanjutnya, Leipzig ia bawa ke partai semi final Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Hal tersebut membuat, namanya menjadi kandidat kuat untuk menggantikan Zinedene Zidane di Real Madrid.

Selanjutnya: Bakal segera bergulir, ini daftar pelatih dengan gelar Liga Champions terbanyak

Editor: Bimo Kresnomurti


Terbaru