Bakal segera bergulir, ini daftar pelatih dengan gelar Liga Champions terbanyak

Selasa, 20 Oktober 2020 | 16:03 WIB Sumber: Sport Skeeda
Bakal segera bergulir, ini daftar pelatih dengan gelar Liga Champions terbanyak

ILUSTRASI. Soccer Football - Champions League Group Stage draw - Grimaldi Forum, Monaco - August 29, 2019 General view of the Champions League trophy on display before the draw REUTERS/Eric Gaillard

KONTAN.CO.ID - NYON. Liga Champions musim 2020/2021 bakal terselenggara mulai dini hari nanti. Di antara klub yang berlaga, ada beberapa pelatih yang ulung dan legendaris menghiasi sejarah Liga Champion. Kini tercatat terdapat lima pelatih berbeda telah menahkodai klub dengan jumlah 100 pertandingan lebih di Liga Champions.

Delapan belas manajer berbeda juga tercatat telah memenangkan Liga Champions selama hampir tiga dekade sejarah kompetisi, dengan beberapa dari mereka, delapan tepatnya, berhasil memenangkan kompetisi pada banyak kesempatan.

Untuk itu, berikut daftar nama pelatih dengan gelar terbanyak di Liga Champions yang berhasil dirangkum Kontan.co.id melansir dari Sportskeeda.com

Baca Juga: Inilah pesepak bola paling tua sejagat raya, usianya mendekati 75 tahun

Yuk simak daftarnya:

7. Jose Mourinho

Jose Mourinho merupakan pelatih asal Portugal berusia 41 tahun yang datang ke Porto kala itu. Mourinho mengantarkan FC Porto mengalahkan raksasa Inggris Manchester United pada Liga Champions 2004.

Jose Mourinho yang kini menjadi manajer Tottenham Hotspur tidak terlibat dalam Liga Champions 2020-21 karena Spurs tidak lolos ke kompetisi tersebut. Namun, Jose Mourinho tercatat sebagai pelatih yang sudah berlaga lebih dari 150 pertandingan untuk enam tim dalam 17 musim berbeda di Liga Champions.

Bersama Inter Milan pada tahun 2010, Mourinho memenangkan gelar Liga Champions keduanya. Namun, sejak saat itu, Mourinho belum berhasil mencapai final Liga Champions lagi.

6. Sir Alex Ferguson

Salah satu pelatih dengan gelar terbanyak di Liga Champions yakni Sir Alex Ferguson. Ferguson telah memenangkan banyak gelar selama karir pelatihnya yang hampir empat dekade.

Sembilan tahun setelah memenangi tiga gelar Liga Inggris bersama Manchester United pada 1999, Pria asal Skotlandia itu memenangi gelar Liga Champions keduanya setelah mengalahkan Chelsea di final serba Inggris di Moskow. Kemenangan Ferguson di ibu kota Rusia membuatnya menjadi manajer tertua yang memenangkan Liga Champions, sebelum rekornya dipecahkan lima tahun kemudian.

Namun demikian, Alex Ferguson tercatat menjadi pelatih dengan jam terbang cukup tinggi di Liga Champions. Ferguson hadir di 19 musim dan 194 pertandingan Liga Champions adalah yang terbanyak dari pelatih manapun dalam sejarah kompetisi.

Baca Juga: Rekor, Gianluigi Buffon jadi pemain pertama yang tembus 650 penampilan di Liga Italia

5. Vincent Del Bosque

Salah satu pelatih dengan gelar terbanyak di Liga Champions adalah Vicente Del Bosque. Vicente Del Bosque adalah salah satu pelatih paling dihormati dalam sejarah sepak bola. Faktanya, pria Spanyol berusia 69 tahun itu adalah satu-satunya pelatih yang pernah merengkuh gelar Piala Dunia FIFA, Piala Eropa, dan Liga Champions.

Sebelum sukses dalam sepak bola internasional, Del Bosque mengukir namanya di raksasa La Liga Real Madrid dengan memenangkan dua gelar liga dan sebanyak Liga Champions.

Di final kompetisi edisi 1999-2000, yang merupakan pertandingan perebutan gelar pertama antara dua tim dari negara yang sama, Real Madrid mencetak tiga gol melawan Valencia untuk memenangkan gelar Liga Champions kedua mereka dalam tiga tahun dan kedelapan secara keseluruhan.

Faktanya, itu adalah gelar pertama dalam karir kepelatihan Del Bosque. Dua tahun kemudian, tendangan voli Zinedine Zidane melawan Bayer Leverkusen di Glasgow memberikan Real Madrid gelar Liga Champions kesembilan sepanjang sejarah.

Pelatih dengan gelar Liga Champions terbanyak

4. Joseph Guardiola

Berikutnya ada Pep Guardiola yang menjadi pelatih dengan gelar Liga Champions terbanyak. Pep adalah salah satu pelatih yang masih aktif hingga kini. 

Karir kepelatihan di Barcelona didorong oleh pemain seperti Lionel Messi, Andres Iniesta dan Xavi Hernandez. Pep berhasil memenangkan dua gelar Liga Champions dalam tiga tahun. Kemenangan Blaugrana pada 2009 merupakan bagian dari tiga gelar semusim milik Guardiola. Capaian tersebut menjadikan Guardiola orang pertama dalam sejarah Liga Champions yang memenangkan kompetisi baik sebagai pemain dan manajer.

Setelah kemenangan kedua di Liga Champions pada tahun 2011, Pep Guardiola belum mengulangi kesuksesannya di Barcelona di klub-klub berikutnya seperti Bayern Munich dan Manchester City.

Namun demikian, pada Februari tahun ini, Guardiola menjadi manajer dengan kemenangan terbanyak dalam pertandingan sistem gugur Liga Champions ketika Manchester City menyingkirkan Real Madrid di babak 16 besar.

3. Jupp Heynckes

Jupp Heynckes menorehkan namanya dalam sejarah Real Madrid saat mengantarkan gelar pertama klub di era Liga Champions pada tahun 1998.

Satu setengah dekade kemudian, pelatih Jerman itu menjadi manajer tertua yang memenangkan Liga Champions bersama Bayern Munich. Saat raksasa Bavaria itu menang di final pertama Jerman di kompetisi tersebut dalam perjalanan untuk menyelesaikan gelar treble pertama mereka.

Selama masa tugasnya dengan Bayern Munich, Heynckes menjadi manajer pertama dalam kompetisi yang memenangkan 11 pertandingan berturut-turut di sepanjang gelaran Liga Champions semusim.

Baca Juga: Mantan jebolan akademi Barcelona: Ronaldinho lebih baik dari Messi

2. Carlo Ancelotti

Setelah memenangkan dua gelar Liga Champions bersama raksasa Italia AC Milan, Carlo Ancelotti membuat dirinya disayangi oleh para pendukung Real Madrid dengan mengakhiri penantian klub untuk La Decima pada Liga Champions 2014.

Sejak memenangkan gelar kesembilan mereka di kompetisi pada tahun 2002, Real Madrid tidak mencapai final Liga Champions selama 12 tahun.

Sergio Ramos mencetak gol di penghujung laga untuk memaksa perpanjangan waktu, Cristiano Ronaldo menjadi pemain pertama yang mencetak gol untuk dua tim pemenang berbeda di final Liga Champions saat Los Blancos memenangkan gelar kesepuluh mereka dalam kompetisi tersebut.

Don Carlo tercatat telah terlibat dalam 165 pertandingan untuk delapan tim dalam 18 musim kompetisi yang berbeda, menjadi yang pertama memenangkan tiga gelar Liga Champions.

Selain AC Milan dan Real Madrid, Ancelotti juga pernah menangani klub seperti Parma, Juventus, Chelsea, Paris St. Germain, Bayern Munich, dan yang terbaru, Napoli dalam ajang sepak bola klub Eropa.

​1. Zinadane Zidane

Pelatih dengan gelar terbanyak di Liga Champions kini yakni Zinadane Zidane. Pria Prancis itu memenangkan gelar Liga Champions pertamanya sebagai pelatih pada 2016, yang menjadikannya yang pertama setelah Pep Guardiola memenangkan kompetisi baik sebagai pemain maupun manajer.

Keberhasilan mempertahankan gelar pada tahun berikutnya membuat Zidane menjadi manajer pertama dalam sejarah Liga Champions yang memenangkan gelar berturut-turut dengan tim yang sama. Kemenangan ketiganya dalam kompetisi yang terjadi pada 2018 itu membantu Zidane bergabung dengan Ancelotti sebagai satu-satunya manajer yang memenangkan tiga gelar Liga Champions.

Sebelum Real Madrid tersingkir di babak 16 besar melawan Manchester City di Liga Champion musim lalu, Zidane tidak terkalahkan dalam 12 pertandingan Liga Champions sebelumnya.

Selanjutnya: PSG Vs Man United: Bakal jadi ajang reuni para pemain di Liga Champions

Editor: Bimo Kresnomurti
Terbaru