Dijuarai iPhone 11, berikut daftar HP terlaris di dunia pada kuartal ketiga 2020

Rabu, 11 November 2020 | 15:16 WIB Sumber: Canalys
Dijuarai iPhone 11, berikut daftar HP terlaris di dunia pada kuartal ketiga 2020

ILUSTRASI. Dengan total penjualan sekitar 16 juta unit, iPhone 11 berhasil menjadi HP terlaris di dunia pada kuartal III 2020.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga analis pasar Canalys baru saja merilis daftar HP terlaris di dunia untuk kuartal ketiga 2020. Jelang akhir tahun, jagoan Apple, iPhone 11 jadi juaranya.

Dalam daftar 10 HP terlaris di dunia kuartal ketiga tahun ini, dua produk Apple, yakni iPhone 11 dan iPhone SE ada di peringkat pertama dan kedua, masing-masing dengan total penjualan sekitar 16 juta dan 10 juta unit di seluruh dunia.

Jauhnya selisih penjualan antara peringkat satu dan dua menunjukkan, sampai saat ini iPhone 11 masih menjadi pilihan utama para pencari iPhone. Posisi ini bisa saja berubah karena penjualan iPhone 12 baru dimulai pada kuartal keempat.

Keberhasilan iPhone SE juga cukup menarik, mengingat varian iPhone murah ini baru saja diperkenalkan pada April lalu. Dengan harga berkisar Rp 8 jutaan, iPhone SE bisa jadi alternatif terbaik bagi Anda yang mencari iPhone namun terhambat oleh bujet minim.

DI peringkat ketiga sampai kelima, ada trio Samsung, yakni Samsung Galaxy A21s, Samsung Galaxy A11, dan Samsung Galaxy A51. Ketiga HP Samsung tersebut datang dari kelas harga mid-range atau menengah ke bawah. 

Baca Juga: Ini dia 10 HP terlaris di dunia tahun 2020, iPhone juaranya

Daftar HP terlaris di dunia pada Q3 2020

Wakil Samsung lain yang juga masuk daftar HP terlaris di dunia kali ini adalah Samsung Galaxy A31 dan Samsung Galaxy A01 Core, lagi-lagi dari seri HP murah Samsung.

Dengan ini bisa dilihat, Samsung mulai berhasil bersaing atau bahkan menguasai pasar HP kelas menengah ke bawah lewat Galaxy A Series yang baru dirilis awal tahun lalu.

Merek lain yang masuk daftar 10 HP terlaris di dunia adalah Xiaomi, melalui Redmi Note 9/Redmi 10x, Redmi 9, dan Redmi 9A. Semua model Xiaomi ini juga tergolong HP murah dengan harga mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 3 jutaan saja di Indonesia.

Data dari Canalys ini cukup bisa memberi gambaran, dalam tiga bulan terakhir, varian HP murah masih menjadi pilihan utama, entah karena dampak pandemi virus corona atau tidak.

Di sisi lain, model HP dengan harga yang tinggi seperti iPhone juga berhasil menjadi HP terlaris di dunia dengan jumlah penjualan yang jauh lebih tinggi dari para pesaingnya.

Selanjutnya: Samsung dan Huawei masih merek smartphone paling populer di dunia

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo
Terbaru