Dilarang di All England, Kevin-Marcus hingga Hendra-Ahsan ikuti All Sragen

Rabu, 07 April 2021 | 00:37 WIB   Reporter: Barly Haliem
Dilarang di All England, Kevin-Marcus hingga Hendra-Ahsan ikuti All Sragen


BULU TANGKIS - JAKARTA. Usai dipaksa mundur di All England 2021,  sejumlah jajaran atlet bulu tangkis top Indonesia berlaga di turnamen All Sragen 2021. Turnamen ini digelar 6-7 April 2021.

All Sragen 2021 antara lain diikuti oleh oleh pasangan ganda terbaik dunia Kevin Sanjaya-Marcus Gideon. Legenda ganda putra dunia, Hendra Setiawan dan Muhammad Ahsan juga turut berlaga di All Sragen 2021, serta pemain top lainnya. Tak ketinggalan pelatih nasional Hery Iman Pierngadi turut mendampingi para atlet tersebut.

Turnamen berhadiah ratusan juta rupiah itu diselenggerakan oleh pengusaha beras yang juga pecinta bulu tangkis Billy Haryanto di gelanggang olahraga miliknya di Sragen, Jawa Tengah. Billy juga tercatat sebagai Dewan Penasehat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Billy menjelaskan, turnamen All Sragen 2021 digelar sebagai salah satu bentuk sindiran terhadap Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) yang tak adil dalam memperlakukan tim Indonesia di ajang bergengsi All England.

Baca Juga: Sedih, tim bulu tangkis Indonesia harus mundur dari All England 2021, ini sebabnya

"Sebagai orang yang hobi main badminton, saya kecewa terhadap BWF. Atlet kita kok diperĺakukan tidak adil," kata Billy dalam pernyataan tertulis, Selasa (6/4).

Tim bulutangkis Indonesia batal berlaga di All England 2021 karena dianggap memiliki kontak erat dengan satu orang yang positif Covid-19 dalam pesawat dari Istanbul ke London. Padahal, hasil tes Covid-19 para pebulutangkis Indonesia dinyatakan negatif. Bahkan beberapa atlet sudah bertanding.

Atas kejadian itu pemerintah dan PBSI protes keras terhadap perlakuan BWF. "Seharusnya kita dapat juara di All England," kata Billy.

Selain menjaga optimisme para atlet bulutangkis dalam negeri, All Sragen 2021 diharapkan bisa menjaga kekompakan atlet nasional. “Oleh karena itu, saya berterimakasih kepada Billy yang telah menyelenggarakan turnamen ini termasuk dukungan dana dan hadiahnya,” kata Pelatih bulutangkis nasional Hery Iman Pierngadi dalam sambutannya.

Hery  juga mengapresiasi terhadap upaya Billy yang menggelar turnamen di tengah Covid-19. "Saya kira perizinannya agak susah. Karenanya kita harus tetap menjaga kesehatan sesuai dengan protokol kesehatan," kata Hery.

Selanjutnya: BWF kirim surat soal insiden di All England, ini kata Menpora

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru