Diperingati Setiap 29 Mei, Ini Tema dan Sejarah Hari Lanjut Usia 2023

Jumat, 26 Mei 2023 | 16:37 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Diperingati Setiap 29 Mei, Ini Tema dan Sejarah Hari Lanjut Usia 2023


HARI PENTING - Tema Hari Lanjut Usia 2023 dan logo Hari Lanjut Usia 2023 bisa disimak di sini. Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) diperingati setiap tanggal 29 Mei. 

Hari Lanjut Usia Nasional diperingati untuk mengapresiasi semangat jiwa raga serta peran penting dan strategi para lanjut usia Indonesia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa.

Baca Juga: 31 Twibbon Hari Lanjut Usia Nasional 2023 yang Bisa Diunggah di Media Sosial

Dirangkum dari laman Kementerian Sosial, rangkaian acara HLUN ke-27 Tahun 2023 dimulai pada tanggal 1 - 28 Mei 2023 dan bulan Mei disebut sebagai Bulan Lansia. 

Sementara itu, acara puncak peringatan HLUN ke-27 dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 2023 di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Lantas, apa tema Hari Lanjut Usia 2023 dan logo Hari Lanjut Usia 2023? 

Baca Juga: 15 Gambar Kartu Ucapan Hari Raya Waisak 2023, Download Gratis di Sini

Tema Hari Lanjut Usia 2023 

Tema Hari Lanjut Usia 2023 adalah "Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat". Sementara tagline Hari Lanjut Usia 2023 adalah sebagai berikut:

#HLUN2023
#LansiaTerawat
#LansiaTerawatIndonesiaBermartabat

Baca Juga: Potensi Bencana Ekonomi Jika Krisis Plafon Utang AS Gagal Disetujui

Perhatian pemerintah terhadap lansia ditandai dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan. 

Mandat Peraturan Presiden tersebut ditujukan kepada kementerian/lembaga untuk mewujudkan lanjut usia sejahtera, mandiri, dan bermatabat. 

Oleh karena itu, pemerintah memberikan perhatian dalam bentuk peringatan Hari Lanjut Usia Nasional. Peringatan HLUN pada tahun 2023 kali ini memiliki nuansa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. 

Baca Juga: Hadir SedeketItu dengan Masyarakat, FIT HUB Gencar Ekspansi Klub di Seluruh Indonesia

Sebab, banyak kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat terutama lanjut usia. Indonesia merupakan wilayah yang sangat rawan bencana, sehingga membawa pengaruh yang besar terhadap eksistensi lansia. 

Khususnya lansia yang berada di kawasan-kawasan yang mengalami bencana seperti konflik, banjir, tanah longsor, gunung berapi, tsunami, gempa bumi dan kebakaran. 

Hal ini semakin memperparah kondisi lansia, sehingga banyak lansia yang terdampak dengan situasi tersebut. Atas dasar hal itu, negara hadir bersama stakeholders dalam penanganan masalah di atas.

Baca Juga: 20 Twibbon Hari Lanjut Usia Nasional 2023, Apresiasi untuk Para Lansia

Logo Hari Lanjut Usia 2023

Logo Hari Lanjut Usia 2023

Logo Hari Lanjut Usia 2023 mencantumkan tema HLUN yakni "Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat". Nah, logo Hari Lanjut Usia 2023 adalah sebagai berikut: 

Baca Juga: Rayakan Usia ke-9 Tahun, Rejuve Semakin Fokus pada Upaya Menuju 0 Sampah

Sejarah Hari Lanjut Usia 2023

Sejarah Hari Lanjut Usia diinisasi atas peran Dr. KRT. Radjiman Widyodiningrat yang memimpin sidang BPUPKI pada tangal 29 Mei 1945. 

Diketahui bahwa Dr. KRT. Radjiman merupakan anggota tertua yang mencetuskan gagasan perlunya dasar filosofis negara Indonesia. 

Baca Juga: Ini Cara Buka Rekening Allo Bank secara Online beserta Syaratnya

Hari Lanjut Usia pertama kali dicanangkan secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 29 Mei 1996 di Semarang. 

Peringtan Hari Lanjut Usia adalah ikhtiar dari Negara Republik Indonesia untuk mengapresiasi semangat jiwa raga serta menghargai peran penting dan strategi para lanjut usia di Indonesia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa.

Selain memberikan penghargaan kepada lansia akan peran pentingnya dalam perjalanan bangsa, HLUN juga bertujuan untuk meningkatkan kepedulian semua pihak akan hadirnya lansia. 

Baca Juga: Berita Baik buat Penderita Darah Tinggi, Ini 13 Buah-Sayur untuk Turunkan Hipertensi

Sebagai salah satu kelompok masyarakat yang tergolong “senior”, lansia lebih berisiko mengalami penurunan kapasitas fungsional dan kualitas kesehatan. 

Maka para lansia selayaknya juga mendapatkan akses yang lebih baik terhadap layanan publik seperti akses kesehatan, transportasi, pendidikan, pekerjaan, perumahan, domisili dan lain sebagainya.

Demikian tema, logo, dan sejarah Hari Lanjut Usia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru