Diundur, Ini Jadwal Terbaru Masuk Sekolah Setelah Lebaran di Jakarta, Jabar, & Banten

Sabtu, 07 Mei 2022 | 04:09 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Diundur, Ini Jadwal Terbaru Masuk Sekolah Setelah Lebaran di Jakarta, Jabar, & Banten

ILUSTRASI. Diundur, Ini Jadwal Terbaru Masuk Sekolah Setelah Lebaran di Jakarta, Jabar, & Banten. KONTAN/Fransiskus Simbolon


KONTAN.CO.ID -  Jadwal masuk sekolah setelah libur lebaran di daerah DKI Jakarta, Jawa Barat (Jabar), dan Banten resmi diundur hingga tanggal 12 Mei 2022. 

Sebagai langkah antisipasi kemacetan akibat arus balik mudik Lebaran, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk membantu mengurai kemacetan arus balik Lebaran 2022. 

Daftar Isi

Bersumber dari situs kemenkopmk.go,id, Kemendikbud Rsitek kemudian bekerjasama dengan pemerintah provinsi DKI Jakarta, Jabar, dan Banten untuk memberikan tambahan masa libur sekolah sekolah selama tiga hari. 

Pada awalnya, jadwal masuk sekolah dimulai pada tanggal 9 Mei 2022 kemudian diundur hingga tanggal 12 Mei 2022. 

Baca Juga: Tanda Anda yang Memiliki Kecerdasan Tinggi, Bukan Sekadar Nilai IQ Saja

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut, keputusan merubah jadwal masuk sekolah setelah Lebaran 2022 adalah langkah yang tepat.

Dia mengatakan, langkah merubah jadwal masuk sekolah ini untuk menghindari kemacetan parah di puncak arus balik yang akan terjadi pada 6 hingga 8 Mei 2022.

"Perubahan tanggal masuk sekolah setelah libur lebaran ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas pada arus balik lebaran 2022," ujar Menko PMK dikutip dari situs Kementerian PMK.

"Mudah-mudahan kebijakan ini bisa mengatasi kemacetan dan kepadatan lalu lintas yang kita khawatirkan terjadi di puncak arus balik," ucapnya.

Jadwal masuk sekolah DKI Jakarta

Jadwal libur dan masuk sekolah pada Ramadhan dan Idul Fitri 2022 di DKI Jakarta sudah tercantum pada Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2021/2022.

Bersumber dari situs Disdik DKI Jakarta, perincian jadwal selama libur lebaran di Jakarta tahun 2022, sebagai berikut:

  • Libur lebaran dan Idul Fitri: 29-30 April 2022 dan 8 -11 Mei 2022
  • Hari Raya Idul Fitri : 2-3 Mei 2022

Sesuai dengan jadwal Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2021/2022, sekolah jenjang PAUD hingga SMA/SMK di DKI Jakarta akan masuk kembali pada tanggal 12 Mei 2022. 

Baca Juga: Syarat, Kelompok Ujian, dan Biaya Pendaftaran UM PTKIN 2022

Jadwal masuk sekolah Jawa Barat

Menindak lanjuti koordinasi dengan Kemendikbudristek, Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar menginformasikan jika jadwal masuk sekolah dimulai pada tanggal 12 Mei 2022. 

Bersumber dari situs Disdik Jabar, jadwal masuk sekolah tersebut sebagai bentuk antisipasi untuk menghindari kemacetan akibat arus balik lebaran 2022. 

Sedangkan untuk guru dan tenaga kependidikan masuk kerja kembali pada hari Senin, 9 Mei 2022. 

Jadwal masuk sekolah Banten

Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Banten mengeluarkan jadwal terbaru masuk sekolah jenjang SMA-SMK. Jadwal masuk SMA-SMK yang semula tanggal 9 Mei 2022 diundur menjadi tanggal 12 Mei 2022. 

"Ini kebijakan pusat, daerah perbatasan seperti DKI, Banten, Jateng, nggak tahu yang lain ya, Pak Dirjen mengarahkan agar masukanya diundur menjadi tanggal 12 Mei, ini dimaksudkan untuk mengantisipasi padatnya arus balik," kata Kepala Disdik Banten, Tabrani seperti dikutip dari situs Disdik Banten. 

Kebijakan pengunduran jadwal masuk sekolah ini dibuat untuk menanggulangi kemacetan yang terjadi karena arus balik setelah libur lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru