Divisi Balap Honda di AS Bergabung dengan Honda Racing Corporation (HRC)

Kamis, 05 Oktober 2023 | 07:37 WIB   Reporter: Dimas Andi
Divisi Balap Honda di AS Bergabung dengan Honda Racing Corporation (HRC)

ILUSTRASI. Honda Racing Corporation (HRC).


OTOMOTIF - Honda mengumumkan bahwa divisi balap Honda di Amerika Serikat yaitu Honda Performance Development (HPD) resmi bergabung dengan Honda Racing Corporation (HRC) mulai tahun 2024. Dengan demikian, HPD juga akan berganti nama menjadi Honda Racing Corporation USA (HRC US).

HRC di Amerika Serikat akan tetap melanjutkan pusat pengembangannya di Santa Clarita, California, Amerika Serikat.

HPD sendiri didirikan oleh American Honda Motor Co., Ltd pada 1993. HPD mengembangkan mesin balap Honda untuk digunakan pertama kali di ajang balap IndyCar Series.

Baca Juga: Honda Meluncurkan Motocompacto e-Scooter di Amerika Serikat

Selain itu dalam perkembangannya, HPD juga mengembangkan mesin balap Honda untuk ajang balap lainnya di Amerika Serikat yaitu IMSA, Baja Off-Road, Touring Car serta Formula Regional America. Pada 2018, HPD memperkenalkan mobil balap prototipe Acura untuk pertama kalinya digunakan berkompetisi di ajang balap IMSA.

HRC juga mengumumkan bahwa logo HRC akan tampil pertama kalinya di mobil balap Acura ARX-06 prototypes yang digunakan di ajang balap The 2024 Rolex 24 at Daytona, pada 27-28 Januari 2024.

Sementara itu, HRC mulai beroperasi sejak 1982 dan bermula dari mengembangkan motor balap Honda.

Selama 40 tahun perjalannya, HRC menjadi pusat pengembangan berbagai kegiatan balap dunia yang diikuti oleh Honda seperti MotoGP, Superbike, Motocross, World Trial, Paris Dakar rally untuk roda dua hingga roda empat seperti Super Formula, Super GT, Touringcar, hingga Formula 1 pada 2022.

HRC divisi roda dua berpusat di Asaka Center, Jepang, sementara divisi roda empat nya berpusat di Sakura Center, Jepang.

Baca Juga: Periksa Harga Mobil Honda Brio Satya Bekas, Cukup Rp 100 Jutaan

HRC juga sudah berkomitmen untuk melanjutkan keikutsertaannya sebagai penyedia mesin balap F1 di ajang balap Formula 1 bersama tim Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri hingga akhir 2025.

Pada tahun ini, Honda Bersama HRC juga mengumumkan akan memulai kerja sama sebagai penyedia mesin balap dengan tim Aston Martin mulai 2026 nanti.

Koji Watanabe, President HRC mengatakan, pihaknya berusaha untuk meningkatkan eksistensi HRC. Tentunya HRC ingin terus mempertahankan kesuksesan aktivitas balapnya.

Selain itu, HRC percaya bahwa menyatukan motorsport Honda secara global sebagai satu organisasi balap akan membantu perusahaan mencapai kesuksesan.

"Para teknisi balap kami di Amerika Serikat dan Jepang akan menjadi lebih kuat jika bersatu dan kami sangat senang menyambut HPD ke dalam tim HRC," ujar dia dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Rabu (4/10).

Baca Juga: Harga Mobil Honda Mobilio Bekas di Tahun 2023, Cek Varian Pertama

David Salters, President HPD mengatakan, warisan balap Honda tidak ada bandingannya dan selama 30 tahun terakhir, Honda telah berkontribusi terhadap kesuksesan tersebut khususnya di Amerika Serikat.

HPD sangat senang dan bangga bisa bergabung dengan teman serta kolega di HRC Jepang dan mewakili Honda Racing sebagai organisasi balap global.

"Kami akan terus menantang diri kami sendiri dalam aktivitas olahraga motor di AS, bahkan ketika kami mengembangkan sumber daya manusia dan teknologi untuk bersaing di panggung olahraga motor global yang berubah dengan cepat," tandas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru