DocBen Catat Sejarah dan Menerima MURI Sebagai Pionir UltraOceanman Indonesia

Selasa, 23 Januari 2024 | 20:21 WIB   Reporter: Tim KONTAN
DocBen Catat Sejarah dan Menerima MURI Sebagai Pionir UltraOceanman Indonesia

Benhart Hutabarat atau dikenal dengan DocBen menerima rekor MURI sebagai orang Indonesia pertama yang berhasil menyelesaikan renang di perairan terbuka sepanjang 25 km di laut Tyrrhenian, Italia.


GAYA HIDUP - Jakarta, 23 Januari 2024 - Benhart Hutabarat atau dikenal dengan DocBen, seorang laki-laki berkebangsaan Indonesia berusia 49 tahun, mencatatkan namanya dalam sejarah untuk menerima rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) sebagai orang Indonesia pertama yang berhasil menyelesaikan renang di perairan terbuka sepanjang 25 km di laut Tyrrhenian, Italia.

Sejak tahun 2020, DocBen telah menjadi spesialis renang perairan terbuka di lautan, sungai, dan danau. Hingga saat ini, ia telah sukses menyelesaikan enam maraton renang, masing-masing sepanjang 10 km, di beberapa laut di kawasan Asia Tenggara.

Prestasi terbarunya mencatatkan namanya dalam sejarah renang perairan terbuka global. Pada bulan September tahun lalu, DocBen menjadi orang Indonesia pertama yang menyelesaikan renang perairan terbuka sepanjang 25 km di laut Tyrrhenian, Italia. Dalam waktu hampir sembilan setengah jam, DocBen berhasil menempuh rute yang sangat menantang ini, menjadi salah satu dari hanya 30 perenang sedunia yang berhasil menyelesaikannya, dan meraih gelar prestisius UltraOceanman. Namun, prestasinya tidak berhenti di situ. DocBen juga mencatatkan dirinya sebagai Coach pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi Coach renang perairan terbuka dari Oceanman, sebuah lembaga renang perairan terbuka dunia yang menggelar kompetisi di berbagai negara. Sertifikasinya sebagai Coach juga meliputi pengakuan dari American Swimming Coaches Association (ASCA), World Open Water Swimming Association (WOWSA), dan Akuatik Indonesia (dh/PRSI).

Pertimbangan atas kompetensinya membawa DocBen sebagai salah satu Coach di Kejuaraan Dunia Renang Perairan Terbuka Oceanman, yang diadakan di Phuket, Thailand, pada bulan Desember lalu. Dalam setiap presentasinya, DocBen selalu menekankan prinsip-prinsip keselamatan di renang perairan terbuka, mengajarkan lebih dari sekadar teknik renang, tetapi juga keamanan yang menjadi aspek utama. Namun, DocBen bukan hanya sebatas atlet dan pelatih. Ia juga memiliki misi besar untuk memajukan olahraga renang perairan terbuka di Indonesia. Sebagai negara dengan laut yang luar biasa, DocBen berharap dapat semakin terciptanya peluang dan kemudahan bagi perenang, terutama anak-anak muda berbakat di Indonesia untuk memiliki kesempatan berlatih renang di perairan terbuka.

Melalui pencapaiannya, ia berharap pemerintah Indonesia dapat memberikan perhatian lebih dan dukungan dalam mengembangkan olahraga renang perairan terbuka. Dalam waktu dekat, DocBen akan mencoba menorehkan sejarah baru sebagai orang Indonesia pertama yang berenang di laut sejauh 15 km pada kondisi suhu air di bawah 18°C. Sebuah pencapaian yang akan menambah daftar prestasi gemilangnya dalam dunia renang perairan terbuka. DocBen bukan sekadar perenang, melainkan pionir dan inspirator bagi generasi mendatang dalam dunia renang perairan terbuka di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Indah Sulistyorini

Terbaru