Dongkrak MICE, Kementerian Pariwisata ikut pameran di Bangkok

Rabu, 19 September 2018 | 06:50 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Dongkrak MICE, Kementerian Pariwisata ikut pameran di Bangkok


WISATA - JAKARTA. Untuk mendongkrak sektor Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibition (MICE), Kementerian Pariwisata mengikuti pameran Incentive Travel & Convention Meeting Asia (IT&CMA) 2018, di Bangkok Convention Centre, Thailand, pada 18 – 20 September 2018.

Indonesia dengan segala kekuatan yang dimiliki sangat potensial bagi wisata MICE. Indonesia tidak hanya memiliki convention centre atau hall besar yang menjadi syarat utama untuk wisata MICE, tapi juga punya kekuatan budaya dan alam yang dapat menjadi kekuatan pendukung bagi wisata MICE.

Bicara soal wisata MICE, data International Congress and Convention Association (ICCA) 2015 masih menempatkan Indonesia di ranking 43 dunia dengan 78 pertemuan.

"Kita akan terus tingkatkan hingga mencapai 119 event di 2019. MICE itu market-nya besar, spread atau spending-nya besar, dan sustanabilitasnya juga besar,” ucap Menteri Pariwisata, Arief Yahya, dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Selasa (18/9).

IT&CMA; sendiri merupakan pameran MICE terbesar di Asia Pasifik sejak 1993. Pameran ini dilengkapi dengan platform khusus untuk memenuhi kepentingan sellers dan buyers. Platform ini bisa menemukan dan merancang pertemuan yang relevan dan dinamis.

Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan melalui pameran IT&CMA, diharapkan akan banyak terjalin kontrak bisnis antara sellers Indonesia dengan buyers se-Asia Pasfik.

Dalam pameran ini, Kempar membawa 10 Industri TA/TO/Akomodasi/Atraksi Wisata untuk berpartisipasi di IT&CMA;. “Mereka berasal dari Jakarta, Lampung, Jawa Timur, Yogyakarta, dan Bali,” ucapnya.

Sekedar informasi saja, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada Juli 2018 mencapai 1,54 juta kunjungan.

Jumlah tersebut meningkat 16,57% dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya mencapai 1,32 juta kunjungan.

Diharapkan dengan keikutsertaan Indonesia di pameran IT & CMA di Thailand, mampu mendongrak angka kunjungan wisman sampai akhir tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru