Dosen Unpad Beri Tips Agar Bisa Atasi Rasa Cemas saat Hadapi UTBK-SNBT 2023

Senin, 08 Mei 2023 | 10:39 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Dosen Unpad Beri Tips Agar Bisa Atasi Rasa Cemas saat Hadapi UTBK-SNBT 2023


TIPS & TRIK -  Meskipun sudah berlajar dengan tekun, peserta Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2023 mungkin masih merasa cemas. 

Anda mungkin cemas tidak bisa mengerjakan atau takut jika ada yang ketinggalan saat akan ebrangkat ke lokasi ujian. 

Menurut Dosen Departemen Psikologi Pendidikan Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran (Unpad), Fitriani Yustikasari Lubis, kondisi yang mendukung dalam pelaksanaan ujian adalah kondisi badan yang fit dan sehat. 

Dengan kondisi badan yang sehat, peserta akan memungkinkan berpikir jernih dan siap menghadapi situasi ujian yang potensial melelahkan, karena perlu menyelesaikan berbagai soal sulit. 

“Kondisi badan yang fit dan sehat juga mendukung ketenangan dalam menghadapi ujian,” ujar Fitriani, dikutip dari situs Unpad.

Baca Juga: Ini Batas Aman Makan Mie Instan & Rekomendasi Pelengkapnya, Jangan Setiap Hari Makan

Persiapan menghadapi ujian pada dasarnya dilakukan sejak jauh hari. Beberapa di antara peserta sudah mempersiapkan diri dengan mencicilnya dari sejak masuk SMA. 

Namun, ada pula yang mempersiapkan beberapa bulan atau bahkan beberapa hari menjelang ujian. Fitri mengatakan, persiapan UTBK idealnya dilakukan sejak jauh-jauh hari. 

Merangkum dari situs Unpad, berikut ini beberapa tips mengatasi cemas saat mengahdapi UTBK-SNBT 2023.

Tips mengatasi cemas saat menghadapi UTBK-SNBT

Terkadang, peserta merasakan kecemasan menjelang ujian. Menurut Fitri, merasa cemas menghadapi UTBK-SNBT merupakan hal wajar.  

Meskipun sudah mendapatkan gambaran tentang dari pengalaman kakak tingkat ataupun kerabat yang sudah pernah melaluinya, bahkan sudah mempersiapkan fisik dan mental dengan baik, rasa cemas tetap datang. 

Hal ini bisa terjadi karena peserta belum pernah menjalaninya secara langsung. 

“Bahkan, sistem ujian yang baru juga bisa membuat siswa merasa cemas karena mereka yang akan menjalani sistem ujian ini pertama kali,” kata Fitri. 

Dalam menyiasati rasa cemas, Fitri memberikan berbagai cara. 

1. Peserta wajib percaya diri. Yakinlah bahwa persiapan yang dilakukan sudah maksimal oleh peserta. 

2. Berdoa. Cara ini merupakan salah satu upaya memberikan ketenangan pada diri. Rasa tenang merupakan hal penting agar sukses hadapi ujian. 

Ketika peserta mengalami cemas berlebihan, hal ini dapat menghambat proses berpikir siswa dalam menyelesaikan ujiannya. 

“Jika cemas sulit diredakan, bisa melakukan relaksasi sebelum tes dilakukan, misalnya duduk di kursi tes sambil mengatur pernafasan,” kata Fitri. 

Baca Juga: Mengenal Penyakit Jantung Koroner, Gejala, dan Cara Mencegahnya

Hal penting lainnya agar peserta siap menghadapi UTBK-SNBT adalah peran orang tua. Fitri menambahkan, peran orang tua sangat besar dalam mendukung anak menghadapi ujian. 

Orang tua membantu anaknya untuk tidak merasakan cemas yang berlebihan dengan cara mendengarkan keluh kesah anak, mendengarkan kekhawatiran anaknya. 

“Dan perlu diingat untuk lebih banyak mendengarkan. Jangan sampai memberikan banyak pendapat, yang akhirnya dapat membuat anak semakin cemas atau merasa terbebani,” kata Fitri. 

Dukungan juga diberikan dengan menyediakan fasilitas yang memudahkan anak mengikuti ujian, seperti mengantar anak ke lokasi hingga membantu menyiapkan persyaratan dan barang-barang yang dibutuhkan anak saat mengikuti ujian.

Hal ini membuat anak merasa bahwa dirinya memiliki dukungan penuh untuk mengikuti UTBK-SNBT. 

“Dan tentunya orangtua memberikan semangat dan dukungan seperti mendoakan anaknya sebelum ujian, selama ujian, dan sesudah ujian,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru