Duh! Beredar lebih dari 20 aplikasi Minecraft palsu di Play Store

Rabu, 25 November 2020 | 12:43 WIB Sumber: PCMag
Duh! Beredar lebih dari 20 aplikasi Minecraft palsu di Play Store

ILUSTRASI. Duh! Beredar lebih dari 20 aplikasi Minecraft palsu di Play Store


MINECRAFT - Duh, ternyata ada lebih dari 20 aplikasi Minecraft Android palsu di Google Play Store. Apa saja aplikasi tersebut? Simak selengkapnya di sini.

Minecraft begitu populer. Game ini digandrungi oleh anak-anak karena permainannya yang menarik. 

Player bisa berkreasi dengan dunia yang luas, membuat bangunan, mengumpulkan berbagai sumber daya, dan masih banyak lagi bisa mereka lakukan.

Sayangnya, popularitas Minecraft ini selalu dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Misalnya, membuat aplikasi Minecraft palsu.

Bahkan, tidak sedikit aplikasi Minecraft palsu tersebut telah disuntikan malware dan iklan yang mengganggu di HP Android.

Mengutip dari PCMagz.com, sejak Juli lalu, Kaspersky telah mendeteksi lebih dari 20 aplikasi di Google Play Store yang mengklaim sebagai modpack.

Faktanya, aplikasi tersebut ternyata palsu alias tidak bisa bekerja. Bahkan, beberapa aplikasi itu justru menampilkan iklan yang mengganggu.

Pada dasarnya, aplikasi tersebut menawarkan mod yang berguna bagi pemain Minecraft. Sehingga, mereka bisa menikmati konten yang lebih banyak sesuai yang ditawarkan aplikasi tersebut.

Baca Juga: Hore! Redmi Note 8 sudah kebagian MIUI 12 di Indonesia, buruan cek notifikasi

Sayangnya, alih-alih menghadirkan mod, aplikasi tersebut justru membebani HP Android.

ILUSTRASI: Minecraft

Bagi Anda yang sudah dewasa mungkin bisa membaca deskripsi aplikasi dan review terlebih dahulu. Tetapi buat anak-anak, mungkin tidak memperhatikan hal tersebut dan langsung download beberapa aplikasi Minecraft palsu ini.

Menurut Kaspersky, lebih dari 20 aplikasi Minecraft palsu tersebut telah ditarik oleh Google dari Play Store. Namun demikian, masih ada beberapa aplikasi yang tersisa:

  • Zone Modding Minecraft
  • Textures for Minecraft ACPE
  • Seeded for Minecraft ACPE
  • Mods for Minecraft ACPE
  • Darcy Minecraft Mod

Bila HP Android Anda memiliki salah satu atau beberapa aplikasi tersebut, segera uninstall atau hapus. Tapi, menghapusnya saja masih belum cukup, terkadang masih muncul notifikasi yang mengganggu.

Solusi untuk menghilangkan notifikasi tersebut yakni masuk ke menu Settings > Apps and notifications > Show all apps dan hapus beberapa notifikasi aplikasi tersebut. 

Selanjutnya: Aplikasi Google Docs, Sheets dan Slides versi iOS kini bisa mengedit file MS Office

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru