Duh, harga smartphone Samsung juga naik

Kamis, 23 April 2020 | 07:25 WIB Sumber: Kompas.com
Duh, harga smartphone Samsung juga naik

ILUSTRASI. Samsung S20 terlihat saat peluncuran di Jakarta, Rabu (4/3/2020). Samsung indonesia meresmikan Keluarga Galaxy S20 yang terdiri dari Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan Galaxy S20 Ultra, serta menggelar penjualan perdana ketiga ponsel tersebut pada 6-8 Maret


GADGET BARU - JAKARTA. Pandemi Covid-19 turut mempengaruhi kondisi bisnis di berbagai industri, termasuk teknologi. Wabah ini juga membuat industri smartphone kian lesu. Alhasil, sejumlah vendor smartphone, terpaksa menaikkan harga produk yang mereka pasarkan.

Samsung pun demikian. Perusahaan asal Korea Selatan ini mengonfirmasi bahwa mereka telah melakukan penyesuaian harga jual smartphone di Indonesia. Penyesuaian harga ini dilakukan per tanggal 20 April lalu untuk sejumlah ponsel Galaxy. 

"Kami melakukan berbagai pertimbangan dan upaya dalam menyesuaikan harga beberapa smartphone Samsung Galaxy dengan situasi ekonomi saat ini," ujar Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Rabu (22/4/2020).

Meski demikian, Denny tidak menjelaskan secara spesifik ponsel Galaxy apa saja yang mengalami kenaikan harga jual. KompasTekno pun menelusuri halaman resmi Samsung.com, Eraspace, official store di Tokopedia, Blibli, Lazada, dan JD.id, untuk melihat ponsel Samsung apa saja yang harganya dinaikkan.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, ponsel Galaxy yang dirilis tahun ini memang mengalami kenaikan harga. Galaxy A51 yang dirilis Januari lalu, misalnya, kini dibanderol dengan harga Rp 4,9 juta (6 GB/128 GB) dan Rp 5,2 juta (8 GB/128 GB).

Padahal pada saat peluncuran, kedua varian Galaxy A51 tersebut dibanderol dengan harga Rp 500.000 lebih murah, alias Rp 4,4 juta dan Rp 4,7 juta. 

Penyesuaian harga pun dilakukan pada ponsel flagship Samsung terbaru, yakni Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra yang resmi dirilis di Tanah Air awal Maret lalu.

Ketiga ponsel tersebut kini dibanderol dengan harga Rp 14,5 juta (8 GB/128 GB), Rp 16,7 juta (8 GB/128 GB), dan Rp 21 juta (8 GB/128 GB). Ini artinya trio Galaxy S20 selisih Rp 1,5 juta - Rp 2,5 juta dari harga peluncuran. (Bill Clinten)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Samsung Naikkan Harga Smartphone di Indonesia, Apa Saja?",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru