Gadget

Duh! iPhone X Resmi Jadi HP Jadul

Selasa, 02 Juli 2024 | 17:47 WIB   Reporter: kompas.com
Duh! iPhone X Resmi Jadi HP Jadul

ILUSTRASI. iPhone X dan beberapa tipe iPhone lainnya resmi masuk dalam golongan HP vintange.


GADGET -  iPhone X kini dimasukkan ke daftar "vintage products" alias produk kuno Apple. 

Menurut standar klasifikasi Apple, produk yang masuk daftar ini adalah perangkat yang dihentikan produksinya selama lebih dari 5 tahun tetapi kurang dari 7 tahun. 

iPhone X adalah bagian dari iPhone generasi ke-11 iPhone. iPhone X diumumkan bersamaan dengan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus pada September 2017, kemudian dipasarkan pada November 2017. Jadi, pada tahun ini, iPhone X sudah berusia 7 tahun. 

Saat awal kehadirannya, iPhone X menandai tonggak penting dalam sejarah smartphone Apple. Pasalnya, Apple memperkenalkan iPhone X dengan desain layar penuh baru dengan "poni", dan membawa fitur-fitur inovatif dibandingkan iPhone generasi sebelum-sebelumnya. 

Baca Juga: Ini 2 Cara Melacak HP Xiaomi dengan Mi Cloud dan Google, Tanpa Aplikasi Pelacak

Untuk merayakan ulang tahun iPhone yang ke 10, Apple merilis iPhone X dengan layar penuh pertama, dengan "poni" di sisi atas.

Layar Super Retina OLED 5,8 inci adalah layar penuh pertama bagi Apple, memberikan warna-warna cerah dan hitam pekat, yang membuat tampilan tersebut menonjol. Layar ini disebut meningkatkan pengalaman visual pengguna. 

Dengan mengusung layar penuh, Apple membuang tombol Home sekaligus Touch ID yang ikonik di iPhone generasi sebelumnya. 

Sebagai gantinya, Apple menyematkan fitur Face ID (ID wajah), teknologi pengenalan wajah yang menggunakan kamera TrueDepth untuk membuka kunci ponsel, memverifikasi pembelian, masuk ke aplikasi, dan sebagainya dengan lebih aman dan lancar dibandingkan Touch ID. 

iPhone X dibekali chipset A11 Bionic. Chip ini disebut sebagai yang pertama menyertakanan Neural Engine, komponen hardware khusus yang dirancang untuk mempercepat tugas pembelajaran mesin. Ini digunakan untuk fitur seperti Face ID dan Animoji. 

iPhone X juga menjadi iPhone model pertama yang didukung pengisian daya nirkabel alias wireless charging dengan standar Qi. 

Selain iPhone X, beberapa generasi iPhone yang dikategorikan vintage oleh Apple yaitu sebagai berikut: 

  • iPhone 4 (8GB) 
  • iPhone 5 
  • iPhone 6 
  • iPhone SE 
  • iPhone 8 Red 
  • iPhone 8 Plus Red 
  • iPhone X 

Meski dikategorikan lawas, Apple masih menyediakan fasilitas service dan suku cadang pada sejumlah iPhone vintage termasuk iPhone 6, hingga 7 tahun atau sesuai ketentuan yang berlaku di tiap wilayah. 

Akan tetapi, perbaikannya bergantung pada ketersediaan suku cadang. Setelah fase “usang”, iPhone X akan dikategori sebagai produk "discontinued" alias disetop setelah tidak lagi diproduksi selama lebih dari tujuh tahun, sebagaimana dihimpun 

KompasTekno dari GizChina, Selasa (2/7/2024). Pada titik ini, Apple dan penyedia layanannya berhenti menawarkan perbaikan dan layanan perangkat keras untuk iPhone X. 

Transisi ini menandai berakhirnya dukungan resmi, mendorong pengguna untuk meningkatkan ke model yang lebih baru.

Baca Juga: 6 Tips Atasi Notifikasi WhatsApp Tidak Tampil di HP dengan Praktis

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "iPhone X Resmi Jadi HP "Jadul"", 

Selanjutnya: Terapkan Sistem Blokir Otomatis, 150 Wajib Bayar Lunasi Piutang PNBP Rp 1,14 Triliun

Menarik Dibaca: 5 Aroma Vagina yang Paling Umum dan Penyebabnya, Moms Harus Tahu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru