Dukung Energi Hijau, Treasury Tanam 266 Pohon di Bogor

Jumat, 26 Juli 2024 | 13:18 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Dukung Energi Hijau, Treasury Tanam 266 Pohon di Bogor

ILUSTRASI. treasury


ESG - Dukung penerapan energi keberlanjutan, Treasury, aplikasi investasi emas digital melanjutkan inisiatif program Green Gold yang diluncurkan pada bulan April, dengan menanam sebanyak 266 Pohon Nangka atau Artocarpus Heterophyllus.

Ratusan Pohon Nangka ini terkumpul berkat kontribusi lebih dari 5.000 investor emas digital pada saat transaksi Beli Emas di Apps Treasury. Pohon Nangka yang ditanam diharapkan mampu memberikan dua manfaat sekaligus, yaitu; manfaat bagi lingkungan hidup dan manfaat ekonomi bagi para petani setempat.

CEO Treasury, Andreas Santoso menyampaikan antusiasmenya selama kegiatan penanaman pohon. Realisasi penanaman pohon bagi Andreas adalah komitmen Treasury sebagai platform investasi emas digital yang berwawasan lingkungan. Lebih dari itu, kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan investasi emas digital berkelanjutan dan ramah lingkungan kepada para investor emas di Indonesia.

"Dengan partisipasi aktif dari investor emas digital, Kami percaya program Green Gold dapat menyerap lebih dari 191 ton emisi karbon dalam delapan tahun ke depan," kata Andreas dalam keterangan resminya ke KONTAN, Jumat (26/7).

Baca Juga: Peluang Investasi Obligasi Saat Suku Bunga Sedang Tinggi

Hal lain yang mengejutkan dari program Green Gold adalah banyaknya investor muda yang mengambil bagian untuk mendukung inisiatif ini, dengan rata-rata usia adalah 28 tahun. Mencerminkan bahwa generasi muda Indonesia memiliki kepedulian yang tinggi terhadap keberlanjutan lingkungan hidup.

Acara penanaman pohon tahap pertama ini diadakan di Desa Barengkok, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Bogor terpilih sebagai wilayah penanaman didasarkan pada topografi dan iklim di wilayah Bogor yang dapat mendukung pertumbuhan Pohon Nangka secara optimal.

"Yang diharapkan bisa memberikan manfaat ekonomi bagi para petani yang terlibat pada program Green Gold ini. Lebih dari itu, Pohon Nangka juga memiliki kemampuan menyerap karbon yang banyak dibanding Pohon Bakau." tutur Sudono Salim,  Chief Growth Officer Jejakin.

Para petani di Desa Barengkok, secara aktif berpartisipasi dalam penanaman pohon pada program Green Gold. Dengan demikian mereka akan merasakan manfaat ekonomi dari ratusan Pohon Nangka yang mereka tanam, baik dari segi lingkungan maupun ekonomi.

Dalam sebuah penelitian, yang dilakukan oleh Marina Silalahi ditemukan bahwa hampir semua bagian Artocarpus Heterophyllus, mulai dari buah, batang, dan daunnya memiliki aktivitas antimikroba. Sehingga banyak sebagai obat tradisional, sebagai; antiinflamasi, antioksidan, antidiabetes mellitus, antimelenogenesis, dan anti kanker. Batang kayu, memiliki karakter yang keras, awet, dan tahan terhadap serangan rayap atau jamur.

Baca Juga: Prospek Pasar Obligasi Semester II Cerah

Sering dimanfaatkan untuk membuat perabotan rumah tangga, bahan konstruksi, dan alat-alat musik. Daun nangka, dapat diekstraksi menjadi obat herbal sebagai pelancar ASI. Buah nangka, dapat meningkatkan sel darah putih untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Biji buah nangka, memiliki kandungan karbohidrat, kalium, protein, kalori, dan fosfor yang tinggi, baik dikonsumsi dengan diolah dengan cara digoreng, direbus, atau dijadikan keripik.

Treasury akan terus mempromosikan investasi emas digital yang berkelanjutan untuk dapat memperluas manfaatnya bagi Indonesia, mendorong lebih banyak investor untuk berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan. Acara penanaman pohon pada hari ini hanya menjadi awal dari berbagai inisiatif kebaikan lainnya yang akan dilakukan oleh Treasury pada masa datang.

“Kami sangat bersyukur program Green Gold telah sampai pada penanaman pohon tahap pertama. Besar harapan kami, akan lebih banyak lagi Investor Green Gold yang berpartisipasi dalam program ini. Sehingga kita dapat berkontribusi dan mendukung upaya Indonesia melawan perubahan iklim yang terjadi,” imbuh Andreas.

Baca Juga: Ini 3 Cara Menabung Emas Secara Digital, Mudah lo Moms

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Jane Aprilyani

Terbaru