Dukungan untuk Erick Thohir Menjadi Ketum PSSI Terus Mengalir

Rabu, 18 Januari 2023 | 16:50 WIB Sumber: Kompas.com
Dukungan untuk Erick Thohir Menjadi Ketum PSSI Terus Mengalir

ILUSTRASI. Menteri BUMN Erick Thohir memberika keterangan usai melakukan pendaftaran calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 di Kantor PSSI


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dukungan untuk salah satu bakal calon ketua umum PSSI Erick Thohir terus mengalir dari berbagai kalangan, yang terbaru sebuah gerakan anak muda bertajuk B.E.D.A. mendeklarasikan dukungannya.

Gerakan B.E.D.A. merupakan akronim dari Berani, Enerjik, Dahsyat, dan Amanah. Gerakan ini diprakarsai oleh dua tokoh muda, Pangeran Siahaan dan Tsamara Amany, selaku Co-Chair B.E.D.A.

Rekam jejak Erick Thohir menjadi salah satu faktor utama mengapa gerakan B.E.D.A. ini terbentuk untuk mendukung Menteri BUMN tersebut menjabat sebagai PSSI 1. "Erick Thohir beda karena bukan orang baru dalam dunia olahraga di Indonesia," ujar Tsamara dalam acara deklarasi B.E.D.A di Jakarta pada Rabu (18/1/2023).

Baca Juga: Para Pejabat Incar Posisi Ketum PSSI, Anggota Komisi X Ingatkan Bukan Jabatan Politik

"Ia (Erick) sebelumnya pernah mengelola Inter Milan, salah satu klub legendaris di Serie A Italia. Sementara di Indonesia, pernah menjadi Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket seluruh Indonesia (PP Perbasi) periose 2006-2010."

"Rekam jejak ini akan menjadi poin penting dalam pencalonan Erick dan pengalaman yang ia miliki akan menjadi modal dalam menjalankan PSSI bila terpilih kelak," kata Tsamara menambahkan.

Satu hal yang menjadi pembeda antara Erick Thohir dengan bakal calon ketua umum PSSI lainnya merupakan nyali yang ia miliki, menurut pemaparan Pangeran Siahaan.

Menurut Pangeran, keempat nama lainnya merupakan orang-orang baik, namun Erick Thohir memiliki nyali untuk membangun kembali PSSI dari bawah.

Pangeran juga optimistis kepemimpinan Erick Thohir bisa mengakhiri puasa gelar Indonesia sekaligus memperbaiki persepakbolaan Indonesia. "Untuk bisa menjadi juara, kita tidak cukup hanya dengan talenta, tapi juga kemampuan manajerial yang  visioner dan berani," kata Pangeran.

"Selain itu yang paling penting ia memiliki nyali untuk membenahi berbagai hal yang menghambat persepakbolaan Indonesia."

"Kami percaya Erick Thohir bisa menjadi harapan bagi masa depan sepak bola Indonesia," kata Pangeran melanjutkan.

Baca Juga: Ini Deretan Artis dan Petinggi Klub yang Dukung Erick Thohir Jadi Ketua PSSI

Selain Pangeran dan Tsamara, turut hadir pada acara deklarasi dukungan B.E.D.A. adalah Justinus Lhaksana, Jerry Arvino, Afif Xavi, dan publik figur Uya Kuya.

Erick Thohir akan bersaing dengan empat nama lainnya sebagai bakal calon ketua umum PSSI periode 2023-2027, yaitu mantan Ketua Umum PSSI La Nyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, dan Fary Djemy Francis.

Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2023 untuk pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan anggota Komite Eksekutif akan digelar pada 16 Februari 2023 dengan 87 pemilik suara.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Deklarasi Dukungan untuk Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru