Sport

Duterte tidak senang mengetahui atlet-atlet asing mendapatkan pelayanan tak optimal

Rabu, 27 November 2019 | 17:16 WIB Sumber: Kompas.com
Duterte tidak senang mengetahui atlet-atlet asing mendapatkan pelayanan tak optimal

ILUSTRASI. Duterte tidak senang mengetahui atlet-atlet asing mendapatkan pelayanan tak optimal

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, mulai gerah dengan adanya berbagai keluhan soal SEA Games 2019. Ia pun memerintahkan penyelidikan terhadap panitia terkait. 

Juru bicara kepresidenan Filipina, Salvador Panelo, menyatakan bahwa Duterte tidak senang setelah mengetahui atlet-atlet asing mendapatkan pelayanan tak optimal selama di negara tersebut.  Berdasarkan informasi yang berkembang, sejumlah kontingen memang mengalami perlakuan yang tak selayaknya terjadi saat tiba di Filipina.

Baca Juga: Mewakili kontingen Sea Games, Menpora ucapkan dukacita atas wafatnya Ciputra

"Ada tuduhan korupsi yang muncul di koran-koran, dan dia tidak suka itu. Dia ingin menginvestigasi itu. Dia tak menoleransi korupsi," kata Panelo kepada Philippine Star, Rabu (27/11). 

Meski demikian, Panelo menyatakan bahwa klaim penyambutan buruk yang dialami para atlet asing tidak serius. Namun, Duterte dan jajarannya akan melakukan penyelidikan dugaan korupsi kepada semua penyelenggara, termasuk Ketua DPR yang juga Ketua Panitia Penyelenggara SEA Games Filipina (Phisgoc), Alan Cayetano. 

Menurut Panelo, semua aspek akan diselidiki oleh Kantor Kepresidenan, mulai dari penginapan atlet, sampai konstruksi kaldron yang menghabiskan dana 45 juta peso. "Presiden mengatakan, seandainya ada (korupsi), mereka harus bertanggung jawab," ujar Panelo melanjutkan. 

Baca Juga: Lepas kontingen Sea Games XXX, Jokowi: 267 juta masyarakat memberikan semangat

Berbagai masalah yang terjadi pada SEA Games 2019 di antaranya kekacauan transportasi atlet, makanan tak layak, tak tersedianya makanan halal untuk atlet muslim, serta sejumlah venue yang belum selesai. 

Rentetan persoalan itu membuat citra Filipina sebagai tuan rumah SEA Games 2019 tercoreng. Terlebih lagi di ranah media sosial. Akun Twitter resmi SEA Games 2019 pun diberondong dengan kritik serta keluhan akibat adanya aneka permasalahan itu. 

Kendati demikian, sebagian netizen lainnya tetap memberikan dukungan terhadap SEA Games 2019 dan berharap ke depannya bisa lebih baik. Contohnya saja akun dengan nama pengguna @foxyfridz yang meminta masyarakat FIlipina untuk tetap memberikan dukungan, serta tidak terjebak berita bohong. 

Baca Juga: Ini jadwal timnas sepak bola U-23 Indonesia di SEA Games 2019

"Terlalu dini untuk menyatakan SEA Games 2019 gagal. Ayo semarakkan tren #WeWeinAsOne dan #SeaGames2019. Mari kita angkat atlet Filipina dan menjadi pejuang mereka di tengah-tengah berita palsu yang berusaha disebarkan sebagian orang-orang," tulis akun tersebut. (Nugyasa Laksamana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "SEA Games 2019 Banyak Keluhan, Presiden Duterte Adakan Penyelidikan"

 

Editor: Yoyok


Terbaru