e-Bike Polygon Hadirkan Solusi Bersepeda di Jalanan Perkotaan

Senin, 31 Januari 2022 | 10:51 WIB   Reporter: Tim KONTAN
e-Bike Polygon Hadirkan Solusi Bersepeda di Jalanan Perkotaan

ILUSTRASI. Kontan - Polygon Kilas Online


SEPEDA - JAKARTA. Kendaraan listrik saat ini menjadi perhatian masyarakat perkotaan, dengan semakin tingginya tingkat kemacetan dan polusi tentunya kendaraan listrik menjadi pilihan logis untuk melibas jalanan perkotaan. Apalagi infrastruktur pengisian listrik umum juga sudah mulai menjamur, selain motor dan mobil listrik yang saat ini diburu, permintaan terhadap e-bike yang merupakan kendaraan listrik micromobility layak dimiliki. E-bike dilengkapi kontrol elektronik dan mesin motor yang terintegrasi dengan aplikasi gawai.

Sehingga pengendara terbantu untuk mengayuh menggunakan pedal manual atau pedal assist di trek lurus dikombinasikan dengan electric bike untuk melibas jalanan perkotaan yang padat. Berbeda dengan sepeda konvensional yang jarak tempuhnya relatif pendek, e-bike justru bisa diandalkan sebagai moda utama karena tidak mengandalkan tenaga pengendara. Oleh karena itu, e-bike digadang-gadang menjadi tunggangan futuristik masyarakat perkotaan.

Salah satu produsen sepeda yang fokus mengembangkan e-bike adalah PT Insera Sena, melalui brand Polygon perusahaan ini menghadirkan produk e-bike ditengah demam kendaraan listrik. Perusahaan yang berbasis di Sidoardjo, Jawa Timur ini bahkan berinvestasi merancang dan mengembangkan sepeda listrik dan mempelopori hadirnya pedal assist. Yang jelas, inovasi yang dilakukan perusahaan ini merupakan upaya menghadirkan produk-produk sesuai dengan kebutuhan masyarakat khususnya terkait dengan situasi new normal saat ini.

Kontan - Polygon Kilas Online

Veronica Vivin, Brand Marketing Polygon Bikes Indonesia, menyampaikan, selain merupakan langkah baik dari masyarakat untuk bisa memperbaiki kondisi lingkungan dalam upaya pengurangan polusi udara, penggunaan sepeda listrik di Indonesia dirasa semakin perlu demi peralihan moda transportasi berkelanjutan dan gaya hidup masyarakat yang lebih sehat. “Polygon Bikes mendukung Indonesia untuk turut berinvestasi pada roda perubahan ini. Harapannya, e-bike menjadi sebuah langkah menuju smart and clean Indonesia. Tentu juga sebagai solusi transportasi bagi semua kalangan,” tutur Vivin, Kamis (13/1/2022).

Seluruh produk sepeda listrik produksi Polygon dilengkapi dengan motor untuk membantu kayuhan pengendara ketika gowes dengan sistem pedal assist. “Kami berpegang teguh bahwa kami adalah pabrik sepeda, bukan motor. Sehingga kayuhan sepeda adalah esensi dari bersepeda, bukan gas,” jelasnya.

Kontan - Polygon Kilas Online

Sistem kerja sepeda listrik Polygon memultiplikasi tenaga hanya saat melakukan pedaling, sehingga sensasi bersepeda tidak hilang dan tetap dapat berolahraga. Dinilai sangat eco-friendly karena tidak menggunakan bahan bakar dan tidak menghasilkan CO2 seperti kendaraan bermotor. Khusus produk sepeda listrik, Polygon telah merilis beberapa pilihan mulai dari sepeda gunung hingga sepeda Urban. Misal, e-bike Polygon Gili Velo dan Gili Fitte yang termasuk dalam kategori urban dengan penampilan yang kekinian banget melalui opsi warna-warna colorful sehingga mampu mengakomodir kebutuhan sepeda kaum urban yang tetap terlihat keren melintasi jalur perkotaan.

Selain itu, dipasarkan juga seri urban e-bike Path E5, Kalosi Lanes EVO, Gili Fitte, dan Gili Velo untuk bersepeda di area perkotaan atau berpaving. Seri hybrid untuk lewati jalanan yang sedikit off-road dengan Kalosi Miles, dan Mt. Bromo N e-bike MTB untuk dapat eksplor banyak hal lebih jauh bagi pecinta MTB. “Banyak hal yang dapat kita eksplor, baik di kota, di luar kota, ataupun diri kita sendiri, dan melalui e-bike, harapannya semua orang bisa merasakan hal itu,” tutup Vivin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ridwal Prima Gozal

Terbaru