Edy Tuhirman: Liburan berbuah inspirasi bisnis

Senin, 02 Mei 2011 | 10:36 WIB   Reporter: Dessy Rosalina Pasaribu
Edy Tuhirman: Liburan berbuah  inspirasi bisnis

Koperasi Simpan Pinjam. (KONTAN/Cheppy A. Muchlis)


Berlibur ke tempat wisata yang memukau, bagi Edy Tuhirman, tak hanya bisa melepas penat. Acara pelesiran ini juga dapat melahirkan ide-ide cemerlang yang berkaitan dengan pekerjaannya sebagai Chief Executive Officer (CEO) PT Generali Indonesia.

Contohnya, pada 2008, saat pelesiran bersama keluarga ke suatu tempat, ia menemukan ide membuat produk unitlink dengan fitur pengaman. Di produk ini, nasabah bisa menetapkan batas bawah dan atas, baik untung yang akan mereka dapat maupun kerugian yang bakal mereka terima. “Saya temukan fitur unggulan produk Generali ketika berlibur dan melakukan hobi,” ujarnya.

Ya, sambil jalan-jalan, Edy juga menyalurkan hobi memotretnya. Rencananya, minggu depan, pria kelahiran 19 Maret 1964 ini akan memboyong keluarganya untuk berlibur ke Vietnam. “Dari hobi fotografi, saya belajar angle yang juga saya terapkan dalam bisnis, yaitu bagaimana melihat peluang-peluang bisnis dengan cara berbeda,” ungkap dia.

Salah satu alasan Edy memilih liburan ke negara yang pernah menjadi ajang perang saudara pada tahun 1960-an itu adalah karena kondisi Vietnam sama dengan situasi Indonesia belasan tahun lalu; baik masyarakat maupun ekonominya.

Dengan berkaca pada kondisi Vietnam saat ini, Edy berharap bisa mengingat kembali memori ekonomi Indonesia belasan tahun lalu. Menurutnya, kebanyakan orang Indonesia melupakan sejarah dan terbuai dengan kondisi sekarang. Padahal, “Di dunia ekonomi, pelajaran dari sejarah bisa menjadi ide bisnis yang menarik,” kata lelaki yang telah menekuni hobi fotografi sejak masih di bangku sekolah menengah pertama (SMP) ini.
Edy berharap, setelah liburannya ke Vietnam nanti, ia juga bisa membawa pulang oleh-oleh berupa ide bisnis menarik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Test Test

Terbaru