Empat Musim Berturut-turut BRI Jadi Sponsor Utama BRI Liga 1 2024/2025

Rabu, 07 Agustus 2024 | 04:10 WIB   Reporter: Adrianus Octaviano
Empat Musim Berturut-turut BRI Jadi Sponsor Utama BRI Liga 1 2024/2025

ILUSTRASI. Ini adalah musim keempat bagi BRI menjadi sponsor utama BRI Liga I 2024-2025


 

BRI LIGA 1 - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) kembali menjadi sponsor utama untuk BRI Liga 1 musim 2024 – 2025. Ini adalah musim keempat bagi bank pelat merah tersebut untuk menjadi sponsor utama bagi turnamen sepakbola dengan kasta tertinggi di Indonesia.

Bukan tanpa alasan, BRI menilai potensi perputaran uang dalam kompetisi sepakbola teratas di Indonesia tersebut cukup tinggi.

Data terbaru BRI Research Institute yang dirilis pada Juli 2024 mengungkapkan, penyelenggaraan BRI Liga 1 berpotensi menciptakan perputaran uang yang jauh lebih besar bagi perekonomian Indonesia, yakni mencapai sekitar Rp 10,42 triliun.

Riset tersebut juga mengungkap bahwa dari nilai perputaran uang tersebut dapat tercipta nilai tambah ekonomi (PDB) sebesar Rp 5,93 triliun.

Ditambah, pendapatan rumah tangga pekerja sebesar Rp 2,27 triliun, potensi pendapatan pajak tidak langsung bagi pemerintah sebesar Rp 866 miliar serta penciptaan kesempatan kerja sekitar 45.000 orang.

Baca Juga: Panduan Buka Deposito BRI Offline dan Online, Jenis, hingga Syarat Minimal

BRI Research Institute juga mencatat, terdapat peningkatan awareness dari tahun ke tahun, di mana tahun 2021 hanya terdapat 79% penonton yang tahu BRI menjadi sponsor utama, namun pada tahun 2022 meningkat menjadi 98,6%, dan pada tahun 2023 lalu awareness masyarakat terhadap BRI Liga 1 telah mencapai 100%.

Sebelumnya, Survei dari LPEM Universitas Indonesia tahun 2020 menyebutkan perputaran ekonomi dari kompetisi Liga 1 diproyeksikan dapat menciptakan perputaran uang antara Rp 2,7 hingga Rp 3 triliun dalam satu tahun.

“Berdasarkan hasil riset tersebut, kompetisi BRI Liga 1 musim 2024-2025 kami proyeksikan juga akan memberikan dampak positif secara ekonomi bagi stakeholder utamanya untuk menghidupkan mata rantai ekonomi kerakyatan dan meningkatkan pendapatan pelaku UMKM” ujar Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto, Selasa (6/8).

Lebih lanjut, Catur menilai kompetisi BRI Liga 1 terbukti menjadi sarana yang efektif dan efisien untuk meningkatkan eksposur layanan dan produk BRI, terutama super apps digital banking yang menjadi andalan BRI yakni BRImo.

Selain itu, ia juga bilang BRI berharap agar perhelatan kompetisi tahun ini dapat berjalan dengan lancar, serta dapat terus meningkat kualitasnya. 

“Seperti yang kita rasakan bersama, terus meningkatnya prestasi timnas sepak bola Indonesia yang saat ini dicapai tidak lepas dari bergulirnya kompetisi BRI Liga 1 yang juga semakin baik,” tambahnya.

 

 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru Ferry Paulus menyampaikan bahwa LIB bangga dapat bermitra dengan BRI. Ia bilang pihaknya merasakan bagaimana manfaat exposure dan efek kepada para pengusaha di daerah yang merasakan kerja sama antara LIB dan BRI. 

“Ke depan, kita akan meningkatkan kerja sama melalui ticketing dan semua klub sudah setuju bahwa ticketing akan melalui BRI,” imbuh Ferry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru