Sport

Euro 2024 Masuk Babak 16 Besar, Ini Panduan Cepat untuk 8 Pertandingan

Jumat, 28 Juni 2024 | 02:40 WIB Sumber: Reuters
Euro 2024 Masuk Babak 16 Besar, Ini Panduan Cepat untuk 8 Pertandingan

ILUSTRASI. Soccer Football - Euro 2024 - Group A - Switzerland v Germany - Frankfurt Arena, Frankfurt, Germany - June 23, 2024 A Germany flag is waved among fans outside the stadium before the match REUTERS/Bernadett Szabo


EURO 2024 - Babak 16 besar Euro 2024 Jerman telah lengkap. Berikut adalah panduan cepat untuk delapan pertandingan yang dimulai pada Sabtu (29/6).

SWISS vs ITALIA

29 Juni – Berlin

Swiss tampil impresif di babak grup dengan efisiensi khas mereka, sementara juara bertahan Italia tersandung masuk ke babak 16 besar, meskipun kedua tim adalah runner-up di grup mereka masing-masing. Swiss menyingkirkan Prancis melalui adu penalti setelah bermain imbang 3-3 pada tahap ini di tahun 2021 dan akan sama sulitnya untuk dikalahkan.

Pelatih Italia, Luciano Spalletti, merasa timnya semakin baik di setiap pertandingan. Lima dari enam pertemuan terakhir antara kedua tim berakhir imbang dan kemenangan terakhir Swiss atas Italia terjadi pada tahun 1993.

Baca Juga: Catat Jadwal Babak 16 Besar Euro 2024 Lengkap, Berikut Tim yang Lolos

JERMAN vs DENMARK

29 Juni – Dortmund

Jerman sebagai tuan rumah memuncaki Grup A dengan tujuh poin sementara Denmark lolos di posisi kedua di Grup C meskipun seri dalam tiga pertandingan. Jerman mencetak lebih banyak gol (8), memiliki lebih banyak penguasaan bola (64,3%) dan akurasi umpan terbaik (93%) dibandingkan tim mana pun saat mereka memperpanjang rekor tak terkalahkan menjadi tujuh pertandingan.

Denmark akan menjadi underdog tetapi mencapai semifinal tiga tahun lalu, di mana mereka kalah dalam perpanjangan waktu dari Inggris.

INGGRIS vs SLOVAKIA

30 Juni – Gelsenkirchen

Inggris tampil lemah di babak grup dan kecuali pembukaan yang kuat melawan Serbia di pertandingan pertama mereka, mereka terlihat mengecewakan meskipun memiliki banyak bakat menyerang di bawah manajer Gareth Southgate.

Mereka akan melihat ini sebagai peluang bagus untuk maju tetapi akan menemukan lawan mereka yang bersemangat bukan lawan yang mudah. Inggris hanya berhasil melakukan 10 tembakan tepat sasaran dalam tiga pertandingan grup mereka, mencetak dua gol. Itu bukan bentuk yang memenangkan gelar. Tim-tim terakhir kali bertemu di kualifikasi Piala Dunia 2018 di mana Inggris meraih kemenangan 2-1 dan 1-0.

Baca Juga: Jadwal Babak 16 Besar EURO 2024: 29 Juni 2024 - 3 Juli 2024

SPANYOL vs GEORGIA

30 Juni – Cologne

Spanyol adalah tim paling mengesankan di babak grup dengan tiga kemenangan, lima gol dicetak dan tidak kebobolan. Mereka telah mencapai semifinal setidaknya dalam tiga dari empat final Euro terakhir, memenangkan gelar pada 2008 dan 2012.

Debutan Georgia mengejutkan Portugal 2-0 untuk mengamankan tempat mereka di babak 16 besar. Spanyol telah memenangkan empat pertemuan terakhir antara kedua tim, semuanya sejak 2021, termasuk kemenangan 7-1 dan 4-0.

PRANCIS vs BELGIA

1 Juli – Duesseldorf

Pencarian Belgia untuk trofi internasional besar pertama mereka membawa mereka ke bentrokan dengan Prancis yang kuat dan tim asuhan Domenico Tedesco tidak menunjukkan apa pun di Jerman yang menunjukkan ini adalah rintangan yang bisa mereka lewati.

Prancis juga belum mencapai performa terbaiknya, meskipun kedua tim mencatat dua clean sheet di babak grup, menunjukkan masalah mereka ada pada ketajaman menyerang. Itu mengejutkan dengan adanya pemain seperti Kylian Mbappe dan Kevin De Bruyne di tim mereka. Ada 13 gol yang dicetak dalam tiga pertandingan terakhir antara kedua tim.

PORTUGAL vs SLOVENIA

1 Juli – Frankfurt

Kekalahan Portugal dari Georgia di pertandingan terakhir grup mereka datang tiba-tiba, mengakhiri 12 kemenangan beruntun dalam pertandingan kompetitif sejak Piala Dunia 2022 di Qatar.

Mereka tetap memuncaki grup mereka dan bermain melawan tim Slovenia yang lolos ke babak 16 besar dengan tiga hasil imbang, dan mengalahkan Portugal 2-0 dalam pertandingan persahabatan pada bulan Maret. Tidak ada pemain di turnamen ini yang memiliki lebih banyak percobaan gol daripada Cristiano Ronaldo (12) tetapi dia belum mencetak gol.

Baca Juga: Ini 16 Tim yang Lolos dan Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Euro 2024

ROMANIA vs BELANDA

2 Juli – Munich

Ada emosi yang berbeda bagi kedua tim setelah babak grup saat Romania merayakan tempat pertama di babak knockout Euro sejak 2000 dengan memuncaki Grup E dan Belanda marah karena kalah 3-2 dari Austria dan finis ketiga di grup mereka.

Belanda akan berharap untuk menghindari kekalahan di babak 16 besar berturut-turut setelah kalah 2-0 dari Republik Ceko tiga tahun lalu. Mereka telah memenangkan empat pertemuan terakhir dengan Romania.

AUSTRIA vs TURKI

2 Juli – Leipzig

Austria menang 6-1 ketika tim-tim ini bertemu dalam pertandingan persahabatan pada bulan Maret tetapi Turki yang bertekad akan menjadi proposisi yang berbeda kali ini. Austria termasuk tim paling impresif di babak grup, meskipun mereka kalah di pembukaan 1-0 dari Prancis, dan memiliki momentum memasuki babak knockout.

Begitu juga dengan Turki, tetapi mereka juga dikalahkan 3-0 oleh Portugal lima hari lalu. Hanya Skotlandia (7), Kroasia (6), dan Polandia (6) yang kebobolan lebih banyak gol daripada Turki (5) di babak grup.

Selanjutnya: Motor Racing-Williams Announce Top Technical Hires from F1 Rivals

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru