Facebook & Instagram Bakal Berikan Centang Biru Bagi Pengguna yang Berlangganan

Senin, 20 Februari 2023 | 13:33 WIB   Penulis: Arif Budianto
Facebook & Instagram Bakal Berikan Centang Biru Bagi Pengguna yang Berlangganan

ILUSTRASI. Logo rebrand baru Facebook Meta terlihat di smartpone di depan logo yang ditampilkan Facebook, Messenger, Intagram, Whatsapp, Oculus dalam gambar ilustrasi ini diambil 28 Oktober 2021. REUTERS/Dado Ruvic/Ilustrasi


INTERNET - Facebook dan Instagram bakal berikan centang biru bagi pengguna atau pemilik akun yang berlangganan. Layanan yang disebut sebagai Meta Verified ini mulai di uji coba di negara Australia dan Selandia baru.

Mau tampilan akun Facebook atau Instagram Anda punya centang biru? Baru-baru ini (19/02/2023) Meta mengumumkan sebuah layanan bernama "Meta Verified" yang bertujuan untuk membantu para kreator membangun keberadaan dan eksistensinya di tengah komunitas Facebook dan Instagram.

Bos dari Meta sendiri yang tidak lain adalah Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa layanan tersebut satu paket untuk Facebook dan Isntagram. Dengan layanan tersebut, pemilik akun Facebook dan Instagram bakal mendapatkan centang biru yang menunjukkan bahwa akun tersebut benar-benar milik si pengguna atau kreator.

Lalu, apa saja yang ditawarkan melalui layanan Meta Verified? Berikut ini beberapa hal yang akan Anda dapatkan jika berlangganan Meta Verified centang biru di Facebook dan Instagram.

Baca Juga: MIUI 14: Daftar HP Xiaomi, Redmi, POCO yang Mendapatkan Pembaruan (Februari 2023)

Keunggulan Meta Verified, layanan centang biru Facebook dan Instagram:

  • Badge atau lencana terverifikasi, yang mengkonfirmasi bahwa itu adalah akun Anda yang sebenarnya yang telah diautentikasi dengan ID pemerintah.
  • Lebih banyak perlindungan dari peniruan identitas, dengan pemantauan akun proaktif untuk peniru identitas yang mungkin menargetkan orang dengan viewers yang terus bertambah.
  • Bantuan saat Anda membutuhkannya, dengan akses ke orang yang sebenarnya untuk permasalahan umum yang berkaitan dengan akun.
  • Meningkatkan visibilitas dan jangkauan dengan keunggulan di beberapa area platform, seperti penelusuran, komentar dan rekomendasi.
  • Fitur ekslusif untuk mengekspresikan diri Anda dengan cara yang unik.

Lalu, berapa biaya berlangganan Meta Verified untuk centang biru di Facebook dan Instagram ini? Bagi pengguna Facebook dan Instagram di Australia dan New Zealand dapat membayar biaya bulanan seharga $11,99 dolar AS di web dan $14,99 di Android dan iOS via aplikasi.

Sebelum, selama dan setelah berlangganan Meta Verified, pihak terkait akan melakukan beberapa pemeriksaan sebagai berikut:

  • Agar memenuhi syarat, akun harus memenuhi persyaratan aktivitas minimum, seperti riwayat pengeposan sebelumnya dan berusia minimal 18 tahun.
  • Pengguna yang mengajikan layanan Meta Verified harus mengirimkan ID resmi yang cocok dengan nama profil dan foto akun Facebook atau Instagram.
  • Langganan akan menyertakan pemantauan proaktif untuk mengetahui apakah akun melakukan peniruan identitas atau tidak.

Baca Juga: Download WhatsApp Terbaru 2023 Update Februari (Android & iOS), Ini Daftar Fitur Baru

Perbedaan layanan berlangganan centang biru Twitter dan Meta Verified (Facebook dan Instagram)

logo Twitter

Bersamaan dengan pengumuman layanan Meta Verified untuk memberikan centang biru di Facebook dan Instagram dengan cara berlangganan, tidak sedikit yang menganggap bahwa Meta meniru layanan serupa Twitter yang justru dibenci, seperti ayng dikutip dari Phone Arena.

Asal Anda tahu, biaya berlangganan centang biru di Twitter sektiar $8 dolar AS per bulan, atau bisa juga bergabung dengan layanan Twitter Blue dengan biaya berlangganan $84 dolar AS.

Bagimana menurut Anda? Apakah kita sebagai pengguna media sosial harus membayar biaya tambahan demi mendapatkan centang biru?

Menurut Anda, sepenting apa si centang biru untuk sebuah akun media sosial?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru