Fadly Padi: Dari panggung ke aquaponik

Selasa, 16 Oktober 2012 | 09:31 WIB Sumber: Mingguan KONTAN, Edisi 15 - 21 Oktober 2012
Fadly Padi: Dari panggung ke aquaponik


Boleh saja grup band Padi vakum hampir tiga tahun ini. Tapi, bukan berarti para personilnya “menganggur”. Sebaliknya, sang vokalis, Andi Fadly Arifuddin sedang asyik memasyarakatkan gerakan berkebun di halaman rumah.

Sekitar dua tahun terakhir, dia ingin berbagi hobi ini ke banyak orang agar mau berkebun di rumah sendiri dan menghijaukan lingkungan. Pemilik nama panggung Fadly ini menggelar eksperimen di halaman rumah “singgahnya” di daerah Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Di lahan seluas 120 meter persegi, ada ratusan jenis sayuran dan tanaman obat organik.

Selain itu, pria berusia 37 tahun ini membuat percontohan metode berkebun aquaponik. Caranya memanfaatkan air dari kolam ikan untuk tanaman, dan sebaliknya.

Pada ajang Social Media Festival 2012 akhir pekan lalu, Fadly mengajak orang untuk mempraktikkan teknik ini. Di acara ini, dia membuat mini aquaponik agar orang tahu teknik ini sebenarnya mudah dan murah sesuai prinsip go green: Reuse, Recycle, and Reduce. Yang terpenting, “Inti go green itu seberapa banyak tanaman yang kamu tanam,” kata Fadly.

Bergelut dengan tanaman adalah hobi lamanya. Dia memiliki usaha nursery dan pembibitan rumput gajah mini di Makassar. Bahkan, dia mengembangkan “kebun” Bambu Sembilang seluas satu hektare.

Eh, jangan-jangan hobi ini berhubungan dengan nama band yang berbau tumbuhan? “Nama Padi itu usulan Yoyok yang waktu itu jualan beras,” kata bapak empat orang anak ini tertawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari

Terbaru