Fakta-fakta penting Perang Dunia II, penyebab hingga negara yang terlibat

Rabu, 02 September 2020 | 13:11 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Fakta-fakta penting Perang Dunia II, penyebab hingga negara yang terlibat

ILUSTRASI. Fakta-fakta penting Perang Dunia II, penyebab hingga negara yang terlibat.


KONTAN.CO.ID -  Perang Dunia II merupakan perang paling besar di dunia. Perang ini melibatkan banyak negara dan menimbulkan dampak negatif yang besar. 

Banyak korban yang tewas akibat peperangan ini. Selain korban jiwa, masih banyak lagi kerugian yang timbul akibat Perang Dunia II.

Pengaruh dari Perang Dunia II cukup besar. Untuk mengingat kembali peristiwa tersebut, ada banyak film bertema Perang Dunia II. 

Berikut merupakan fakta-fakta penting dari Perang Dunia II yang KONTAN.co.id rangkum dari Britannica dan History:

Baca Juga: Hari ini dalam sejarah: Jerman menginvasi Polandia, menjadi awal mula Perang Dunia II

  • Perang Dunia II pecah 20 tahun setelah Perang Dunia I berakhir

Perang Dunia I berlangsung pada 1914-1918. Dua puluh tahun kemudian, Jerman menginvasi Polandia. Tepatnya, pada 1 September 1939, Jerman menyerang sisi barat Polandia. 

Serangan tersebut memicu pernyataan perang Inggris dan Prancis terhadap Jerman. Hal ini kemudian menjadi penyebab Perang Dunia II pecah.

Saat itu, Jerman dipimpin oleh Adolf Hitler. Setahun setelahnya, bersama Uni Soviet, Jerman berhasil menduduki Polandia secara keseluruhan.

  • Menelan banyak korban jiwa

Dampak Perang Dunia II sangat besar, ke berbagai negara di dunia. Perang ini menelan banyak korban jiwa. Setidaknya, ada 55 juta korban jiwa di Perang Dunia II.

Baca Juga: Hari ini dalam sejarah: Pemimpin Uni Soviet Vladimir Lenin lolos dari pembunuhan

Yang paling menjadi sorotan adalah orang Yahudi. Ada sebanyak 6 juta orang Yahudi yang tewas di kamp konsentrasi Nazi Jerman. Banyak juga orang Yahudi yang dibunuh saat Jerman menginvasi beberapa negara. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru