Fantastis! Korea Selatan Lolos 16 Besar Setelah Susah Payah Tundukkan Portugal 2-1

Sabtu, 03 Desember 2022 | 00:20 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
Fantastis! Korea Selatan Lolos 16 Besar Setelah Susah Payah Tundukkan Portugal 2-1

ILUSTRASI. Korea Selatan lolos ke babak 16 besar setelah mengalahkan Portugal dengan skolr 2-1. REUTERS/Pedro Nunes


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Satu lagi tim Asia yang masuk ke babak 16 besar Piala Dunia FIFA World Cup 2022 di Qatar, yaitu Tim Nasional Korea Selatan.

Tim nasional sepak bola Korea Selatan kembali unjuk gigi dan lolos dari grup neraka setelah menundukkan Portugal 2-1.

Setelah beberapa waktu lalu Korea Selatan hanya mampu bermain imbang, kini berhasil menggulingkan tim papan atas Portugal, 

Korea Selatan pun kembali menunjukkan kemampuan dengan mengandaskan perlawanan tim Cristiano Ronaldo di Education City Stadium Qatar.

Pada pertandingan yang berlangsung pada Sabtu (2/12) malam, Korea Selatan sempat tertinggal di awal babak pertama karena gol dari Ricardo Horta di menit 5.

Ricardo Horta mampu memanfaatkan umpan ciamik dari Diogo Dalot. 

Meskipun tertinggal satu gol tak menyurutkan semangat Korea Selatan untuk membaikkan keadaan.

Tim nasional Korea Selatan terus berupaya menggempur pertahanan Portugal dari berbagai lini.

Presing-presing keras dari timnas Korea Selatan membuahkan hasil dua kartu kuning bagi Kim Young-gwon  dan Hwang Hee-chan.
 
Tak lama berselang Korea Selatan mengubah strategi serangan sehingga Kim Young-gwon mampu menyamakan keadaan pada menit 27 menjadi 1-1.

Skor berubah 1 - 1 yang makin membakar semangat Korea Selatan untuk menggempur pertahanan Portugal. 

Kerja keras penyerang Korea Selatan mulai membuahkan hasil saat pada menit injury time Hwang Hee Chan mampu memaksimalkan umpan dari Son Heung-min.

Son Heung-min membuat aksi fantastis dengan menggiring bola dengan kecepatan tinggi dari tengah lapangan sebelum mengirimkan umpan silang di kotak penalti Portugal.

Dengan kemenangan atas timnas Korea Selatan ini maka tim negeri gingseng ini menjadi runnerup klas Grup H selisih dua poin di bawah Portugal.

Persaingan sengit di Grup Ha berakhir setelah Ghana dan Uruguay resmi tersingkir, meskipun pada pertandingan terakhir Uruguay mampu mencetak dua gol tanpa balas di gawang Ghana.

Korea unggul dari Uruguay karena lebih banyak mencetak gol dengan total empat gol sementara Uruguay hanya mampu mencetak dua gol selama babak penyisihan.

Sebelumnya tim lain yang sudah lolos di grup F adalah runnerup di Grup E diduduki oleh Spanyol dengan total nilai 4 poin. Spanyol unggul 6 selisih gol dibandingkan dengan Jerman yang mengalahkan Kosta Rika dengan skor 3-2.

Beberapa tim yang sudah memastikan tiket di babak 16 besar adalah Belanda sebagai juara grup A dan Sinegal sebagai runnerup grup A.

Grup B Inggris dan Amerika Serikat sudah memastikan diri dengan posisi Inggris sebagai juara grup dan Amerika Serikat sebagari runnerup

Grup D sudah ada Prancis di puncak klasmen dengan runnerup Australia.

Sementara di Grup C Argentina memuncaki klasemen berdampingan dengan Polandia sebagai runnerup.

Sementara di Grup F sudah ada Monako yang menjadi juara grup berdampingan dengan runner up Kroasia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru