Fenomena astronomi di November 2021, hujan meteor hingga gerhana Bulan sebagian

Selasa, 02 November 2021 | 12:41 WIB   Penulis: Arif Budianto
Fenomena astronomi di November 2021, hujan meteor hingga gerhana Bulan sebagian

ILUSTRASI. Menakjubkan! Hujan meteor hingga gerhana bulan sebagian akan tiba di November 2021


FENOMENA ASTRONOMI - Hujan meteor hingga gerhana bulan sebagian akan terjadi di November 2021. Dibuka oleh hujan meteor Taurid dan ditutup dengan fenomena astronomi gerhana Bulan sebagian pada minggu ketiga bulan ini.

Fenomena astronomi kerap kali menarik untuk diikuti bagi beberapa orang yang hobi berburu pemandangan di atas langit. Beberapa fenomena astronomi juga bisa dilihat kebanyakan orang meski tanpa bantuan alat tambahan.

Bila pada Oktober lalu langit malam dihiasi dengan peristiwa hujan meteor, seperti Draconid hingga Orionid, di November juga bakal terjadi fenomena astronomi yang serupa.

Ya, beberapa hujan meteor yang menakjubkan akan menghiasi langit malam pada November 2021. Tidak hanya itu, persitiwa gerhana Bulan sebagian yang cantik akan menutup fenomena astronomi yang terjadi di pekan ketiga bulan ini.

Berikut peristiwa astronmi di bulan November 2021:.

Baca Juga: Ledakan suar matahari terpa Bumi, apa dampaknya?

1. Hujan meteor Taurid

Hujan meteor Taurid akan terjadi pada awal November 2021. Hanya, mengutip dari situs Natureworldnews, tidak disebutkan detail tanggal mengenai fenomena astronomi ini. 

Namun demikian, hujan meteor Taurid Selatan akan mencapai puncaknya pada minggu pertama. Sementara di minggu kedua merupakan puncak hujan meteor Taurid Utara.

Beberapa hujan meteor mungkin terjadi setelah Matahari terbenam, seperti yang terjadi pada kebanyakan hujuan meteor. Waktu optimal untuk melihat hujan meteor Taurid adalah tengah malam waktu setempat.

Meteor dan bola api akan melesat ke mana saja di langit. Jadi, bila Anda tertarik untuk melihat, tak perlu fokus di arah tertentu tapi harus ada di daerah yang minim cahaya lampu.

2. Hujan meteor Leonid

Hujan meteor Leonid pada tahun 1998

Usai hujan meteor Taurid, pada 17 dan 18 November akan menjadi puncak hujan meteor Leonid.

Dimulai pada Rabu malam (17/11) hingga Kamis dini hari (18/11) akan menjadi puncak dari hujan meteor Leonid. Menurut American Meteor Society, Leonid  terkenal karena menyebabkan hujan meteor pada tahun 1833, 1866, 1966, 1999, dan 2001.

Tahun ini hanya terlihat 10 sampai 15 meteor per jam ketika hujan meteor Leonid berlangung.

3. Gerhana Bulan sebagian

Melansir dari AccuWeather, minggu ke-3 bulan November 2021 akan terjadi fenomena astronomi gerhana Bulan sebagian. Fenomena ini bakal muncul di langit Amerika Utara pada 19 November 2021.

Selama gerhana Bulan sebagian berlangsung, 97% bagian satelit Bumi ini akan melakukan perjalanan di bawah bayangan gelap bagian dalam planet kita. Hal ini akan membuatnya terlihat lebih mengesankan dari kebanyakan gerhana bulan parsial.

Itu juga akan mendekati menjadi gerhana total apabila Bulan melewati bayangan bagian dalam Bumi 100%.

Demikian beberapa fenomena astronomi yang terjadi di sepanjang November 2021. Fenomena astronomi mana yang paling Anda nantikan di bulan ini?

Selanjutnya: Bumi tak lagi terlihat berkilau dari luar angkasa, akibat perubahan iklim?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru