FIFA Coret Peru Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U17 2023, Indonesia Akan Gantikan?

Selasa, 04 April 2023 | 14:42 WIB Sumber: Kompas.com
FIFA Coret Peru Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U17 2023, Indonesia Akan Gantikan?

ILUSTRASI. FIFA Coret Peru sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U17 2023 dan Peluang Indonesia Jadi Pengganti. Leon Neal/Pool via REUTERS


SEPAK BOLA - JAKARTA. Peru batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 2023. Lantas, apakah Indonesia punya peluang untuk menggantikan posisi negara Amerika Selatan tersebut?

Peru sedianya bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 2023 yang dijadwalkan pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Akan tetapi, Peru dipastikan batal menggelar turnamen tersebut.

FIFA selaku induk sepak bola dunia secara resmi mencabut status Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023 pada Senin (3/4/2023) malam WIB.

Alasan FIFA mencabut status Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023 adalah masalah infrastruktur.

Baca Juga: Antiklimaks Perjalanan Panjang Persiapan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

FIFA menilai, Peru tidak mampu memenuhi komitmen menyelesaikan infrastruktur yang dibutuhkan untuk menggelar turnamen.

"Langkah itu diambil karena ketidakmampuan negara tuan rumah dalam memenuhi komitmen menyelesaikan infrastruktur yang dibutuhkan untuk menggelar turnamen," tulis FIFA.

Selanjutnya, FIFA akan menunjuk tuan rumah baru menggantikan Peru. Sementara itu, Piala Dunia U17 2023 rencananya bakal tetap berlangsung sesuai jadwal semula.

Senasib, tapi tak sama

Apa yang dialami Peru tidak jauh berbeda dengan Indonesia yang batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 yang bakal dilangsungkan pada 20 Mei sampai dengan 11 Juni 2023.

Adapun FIFA menggunakan alasan "situasi terkini" sebagai dasar pencabutan status tuan rumah Indonesia pada turnamen elite level junior tersebut.

Penolakan terhadap partisipasi timnas Israel di Piala Dunia U20 2023 diduga menjadi alasan FIFA mengahapus Indonesia sebagai tuan rumah.

Peru dan Indonesia memang senasib, yakni sama-sama gagal menjadi tuan rumah turnamen FIFA.

Akan tetapi, dalam surat resmi pencabutan status tuan rumah, FIFA menerapkan pendekatan berbeda terhadap Indonesia dan Peru.

Dalam rilis resminya, FIFA menjelaskan bahwa ada kemungkinan Indonesia bakal mendapat sanksi.

"Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah. Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya," tulis FIFA.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, ada beberapa potensi sanksi yang bisa diberikan kepada Indonesia mulai dari pembekukan federasi, tidak bisa mengikuti agenda resmi FIFA, hingga potensi federasi lain bakal mempertimbangkan Indonesia sebagai tuan rumah suatu event olahraga termasuk Olimpiade.

Sementara itu, dalam keterangan resmi soal pencabutan status tuan rumah Peru untuk Piala Dunia U17 2023, FIFA sama sekali tidak menyebutkan potensi sanksi.

Malah, FIFA mengucapkan terima kasih kepada Federasi Sepak Bola Peru (FPF) atas upaya yang sduah mereka lakukan. FIFA juga masih membuka kesempatan bagi Peru untuk menggelar turnamen pada masa mendatang.

"FIFA ingin mengucapkan terima kasih kepada FPF atas upaya mereka, dan tetap terbuka untuk menyelenggarakan kompetisi di Peru di masa mendatang," tulis FIFA.

Menilik peluang Indonesia gantikan Peru
FIFA melakukan tindakan yang sama terhadap Peru dan Indonesia, yaitu mencabut status mereka sebagai tuan rumah turnamen.

Akan tetapi, dasar yang dipakai dan momentum terbitnya pencabutan status tuan rumah Peru dan Indonesia berbeda.

FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 ketika jadwal kickoff turnamen kurang dari dua bulan lagi, tepatnya Rabu (29/3/2023).

Di lain sisi, status tuan rumah Peru dicabut jauh-jauh hari sebelum jadwal turnamen yakni pada akhir tahun mendatang.

Baca Juga: Ini Dampak Ekonomi dari Pembatalan Tuan Rumah Piala Dunia U-20 di Indonesia

Selain itu, FIFA juga tidak menyebut potensi sanksi terhadap Peru, sedangkan bagi Indonesia secara jelas disebutkan ada potensi sanksi.

Lantas apakah Indonesia punya peluang menggantikan Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023?

Wacana terkait kemungkinan Indonesia melakukan tukar guling dengan Peru untuk menyelenggarakan turnamen FIFA muncul sebelum status tuan rumah Piala Dunia U20 2023 dicabut. Hal ini disampaikan oleh pengamat sepak bola Tanah Air, Yesayas Oktavianus.

Yesayas sudah mengabarkan lebih dulu kalau Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023. Ia lantas menyebut ada opsi tukar guling antara Indonesia dan Peru.

"Mungkin kita tidak bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 tetapi U17, yang di mana U17 ini jatahnya diambil Peru," kata Yesayas di kanal YouTube RAY Soccer TV, seperti dikutip TribunNews.com.

"Kalau memang benar lobi-lobian pemeritah ke FIFA ini berhasil, mungkin ada opsi penukaran status tuan rumah. Jadi kita tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 di mana Israel tidak bermain," imbuh Yesayas.

Seperti yang disampaikan Yesayas Oktavianus, Israel memang dipastikan tidak akan tampil pada Piala Dunia U17 2023.

Sebab, Israel tidak lolos Piala Eropa U17 2023 yang sekaligus menjadi kualifkasi ke Piala Dunia U17 2023.

Adapun Piala Eropa U17 2023 akan diselenggarakan di Hungaria pada 17 Mei hingga 2 Juni mendatang.

Soal peluang Indonesia menggantikan Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023, segalanya masih bisa terjadi.

Indonesia sudah melakukan renovasi terhadap stadion-stadion dan lapangan pendukung yang awalnya akan digunakan untuk Piala Dunia U20 2023. Ini artinya, Indonesia siap dalam hal infrastruktur. Jadwal Piala Dunia U17 pada akhir tahun juga membuat Indonesia masih punya cukup waktu untuk melakukan perbaikan jika ada venue yang belum siap.

Selain itu, dengan tidak adanya Israel sebagai peserta Piala Dunia U17 2023, besar kemungkinan polemik tak akan lagi muncul.

Namun, yang perlu diingat adalah Indonesia masih dalam bayang-bayang sanksi FIFA.

Terkait hal tersebut, Presiden Joko Widodo telah mengutus Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk bertemu FIFA.

Salah satu pesan Presiden Joko Widodo kepada Erick Thohir adalah untuk berkomunikasi dengan FIFA agar Indonesia tidak diberi sanksi.

Baca Juga: Indonesia Batal Gelar Piala Dunia U-20, Risiko Ini Bisa Ditanggung Asuransi Event?

"Kemarin saya menerima surat dari Presiden FIFA Gianni Infantino dan saya sudah memerintahkan Ketum PSSI untuk menyiapkan blue print. Menyiapkan peta jalan transformasi sepak bola Indonesia untuk segera disampaikan kepada FIFA."

"Untuk terus berkomunikasi dengan FIFA agar kita (Indonesia) tidak diberikan sanksi," tutur Presiden Joko Widodo.

Adapun, Argentina kini menjadi calon kuat pengganti Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

Sementara itu untuk menggantikan Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023, FIFA akan mengumumkannya pada waktu yang belum bisa ditentukan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "FIFA Coret Peru sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U17 2023 dan Peluang Indonesia Jadi Pengganti"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru