Fitur DirectStorage Windows 11 juga tersedia di Windows 10, main game makin lancar

Selasa, 20 Juli 2021 | 14:51 WIB Sumber: PCMag
Fitur DirectStorage Windows 11 juga tersedia di Windows 10, main game makin lancar


WINDOWS 10 - Fitur untuk para gamer di Windows 11 juga bakal tersedia di Windows 10. Fitur bernama DirectStorage bakal mempercepat loading ketika bermain game.

Buat para gamer pasti kerap kali menemukan layar loading ketika bermain game. Tidak jarang, beberapa judul game memakan waktu loading yang tidak sebentar.

Hal ini tentu saja membuat para gamer bosan atau bahkan kesal karena menunggu lamanya waktu loading tersebut. 

Lewat teknologi yang ada di Windows 11 beranama DirectStorage, Anda tak perlu lagi memikirkan lamanya waktu loading ketika bermain game. Memanfaatkan drive penyimpanan SSD NVME yang ada di PC untuk mempercepat waktu loading.

Start menu Windows 10

Mengutip dari PCMag, Microsoft mengumumkan bahwa DirectStorage tiba secara ekslusif untuk Windows 11. Tetapi pada hari Jumat (16/7/2021), perusahaan teknologi tersebut juga akan tersedia pada Windows 10 versi 1909.

Fitur ini didasarkan pada teknologi yang diterapkan dalam konsol besutan Micrsoft, yakni Xbox Series X. Microsoft membuat DirectStorage untuk sepenuhnya memanfaatkan bandwith tinggi yang ditemukan di SSD NVME, dimulai PCIe Gen 3.0.

Teknologi ini juga menjanjikan untuk membebaskan kinerja CPU, sehingga dapat menghasilkan framerate yang lebih tinggi ketika bermain game. Jadi selain mendapatkan loading yang cepat, Anda bisa mendapatkan pengalaman game yang lebih smooth atau lancar.

Perlu diingat, Microsoft mengatakan bahwa DirectStorage akan berjalan lebih lamabat pada Windows 10 daripada Windows 11. Hal ini karena tumpukan penyimpanan lama di sistem operasi Windows 10.

Dengan kata lain, fitur DirectStorage ini jauh lebih optimal ketika berjalan di Windows 11.

Nah, apakah Anda berencana untuk naik ke Windows 11 atau tetap bertahan di Windows 10? Apabila Anda menunggu Windows 11, sistem operasi terbaru besutan Microsoft ini akan diuncurkan pada musim liburan tahun 2021 ini.

Selanjutnya: Panduan download video TikTok tanpa watermark, bisa di HP dan laptop/PC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru