Fitur-Fitur Multitasking S Pen untuk Kehidupan Anda Sehari-Hari

Selasa, 17 Agustus 2021 | 10:00 WIB   Reporter: Tim KONTAN
Fitur-Fitur Multitasking S Pen untuk Kehidupan Anda Sehari-Hari


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Samsung telah resmi merilis ponsel lipat terbarunya yang bernama Galaxy Z Fold3 5G. Ponsel ini merupakan suksesor dari ponsel Galaxy Z Fold 2 yang meluncur pada 2020 lalu.

Untuk pertama kalinya, Samsung turut menyertakan dukungan aksesori stylus (pena digital) S Pen di Galaxy Z Fold3. Dukungan ini sebelumnya absen pada Galaxy Z Fold 2.

Ada begitu banyak hal yang bisa digunakan pengguna dengan S Pen di Galaxy Z Fold3 di tengah produktivitasnya maupun ketika menuangkan kreativitas, lebih-lebih dalam mendukung kesukaannya menjalani multitasking.

S Pen untuk Galaxy Z Fold3 hadir dalam dua varian, yaitu S Pen Fold Edition dan S Pen Pro. S Pen Fold Edition hanya bisa dipakai di Galaxy Z Fold 3. Sehingga tidak dapat digunakan untuk perangkat Samsung yang memiliki fitur S Pen.

Dari spesifikasinya, S Pen Fold Edition memiliki ujung pena 1,5 mm dengan level tekanan hingga 4,096.Kemudian pena ini memiliki dukungan Air Command yang berarti bisa dioperasikan tanpa perlu ditempelkan di layar.

Air Command merupakan fitur yang cukup fungsional dari S Pen. Dengan fitur ini, pengguna bisa menampilkan ikon kecil di layar untuk mengontrol Samsung Galaxy Z Fold3 agar lebih mudah saat menggunakan S Pen. 

Selain untuk menampilkan dan memudahkan pengguna dengan fitur Air Command, S Pen juga bisa difungsikan sebagai Remote Control. Dengan S Pen, penggunanya bisa melakukan foto jarak jauh tanpa harus mengklik di layar HP. Cukup klik pada tombol S Pen dan sudah bisa memotret foto dengan baik.

Berbagi agenda meeting ke teman di kantor, bisa juga dilakukan dengan S Pen. Fitur Write on Calendar bisa dilakukan lewat S Pen untuk mencatat agenda meeting bulanan atau mingguan. Bisa juga ditambahkan catatan dan membaginya secara instan.

Samsung memang selalu menghadirkan fitur voice note, tapi untuk kali ini fitur tersebut terasa lebih spesial karena voice note bisa digunakan secara bersamaan dengan aplikasi catatan. Untuk mengaktifkan voice note dan menulis catatan secara bersamaan, pengguna bisa melakukannya hanya dengan menggunakan S Pen.

Tentu saja hasil catatan yang ditampilkan bisa lebih lengkap, karena jika ada catatan yang terlewat, bisa klik salah satu teks tersebut menggunakan S Pen. Secara otomatis, hasil rekaman akan langsung disinkronkan dengan catatan Anda sebelumnya sehingga hasil catatannya lebih rapi dan detail.

Ternyata S Pen juga diakui bisa mengedit video secara cepat dan mudah. Dengan presisi yang dimiliki S Pen, proses pemotongan video klip, penambahan filter, atau suara bisa dengan cepat dilakukan. S Pen juga bisa digunakan untuk mengedit foto, cut dan paste, mengubah foto, atau membagikannya ke orang lain.

Selain S Pen Fold Edition, Samsung turut merilis stylus lain bernama S Pen Pro untuk mendampingi Galaxy Z Fold 3. Ini tak lain merupakan versi stylus lebih canggih yang memiliki konektivitas Bluetooth. Selain itu, S Pen Pro juga berukuran lebih besar dan dilengkapi tombol khusus untuk berpindah antar perangkat. Lihat Foto Flip Cover with Pen memiliki tempat khusus di sisi samping untuk menyimpan S Pen.

Berbeda dengan S Pen Fold Edition, S Pen Pro memang memiliki fitur device switching, di mana pengguna bisa mengganti mode tip (ujung) stylus, dari mode S Pen (non-Galaxy Fold) ke Z Fold atau sebaliknya. Cukup geser tombol untuk mengganti mode tip sesuai keperluan. S Pen Pro pun bisa dijadikan alternatif untuk pengguna Galaxy Z Fold3 yang sudah memiliki perangkat Galaxy lain dengan dukungan S Pen.

Namun Samsung memastikan bahwa kedua S Pen yang ditawarkan dapat memberikan pengalaman S Pen terdepan sampai saat ini. Anda dapat membuat pengalaman menulis, menggambar, mengedit dokumen, maupun berkirim pesan menjadi lebih seamless dan intuitif. Hal tersebut menjadi mungkin karena, kedua versi dari S Pen tersebut telah dibekali dengan Pro tip yang lebih lembut dan force limit technology untuk melindungi layar dari tekanan berlebih serta latensi yang begitu rendah.

Dapatkan Samsung Galaxy Z Fold3 beserta pengalaman foldable terbarukan dan fitur S Pen dengan harga Rp24.999.000 (12GB/256GB) dan Rp26.999.000 (12GB/512GB). Galaxy Z Fold3 tersedia dengan pilihan warna Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Indah Sulistyorini

Terbaru