Fitur Pesan Sementara di WhatsApp kini jadi opsi default, durasi maksimal 90 hari

Selasa, 07 Desember 2021 | 10:18 WIB   Penulis: Arif Budianto
Fitur Pesan Sementara di WhatsApp kini jadi opsi default, durasi maksimal 90 hari

ILUSTRASI. Fitur Pesan Sementara di WhatsApp kini jadi opsi default, durasi maksimal 90 hari


WHATSAPP - Fitur Pesan Sementara atau Disappearing Message di WhatsApp kini jadi opsi default. Maksimal pesan dapat disimpan juga ditambah durasinya hingga 90 hari.

Apakah Anda salah satu orang yang mengutamakan privasi? Terutama ketika menggunakan aplikasi di smartphone?

Bila iya, salah satu aplikasi yang kerap kali digunakan oleh banyak pengguna smartphone ini menjadikan fitur privasi andalannya menjadi opsi default. Benar sekali, WhatsApp kini menjadikan fitur Pesan Sementara atau Disappearing Message menjadi pilihan default ketika Anda mengirim pesan ke kontak yang ada di HP.

Ini sejalan dengan misi WhatsApp yang menghubungkan orang-orang di seluruh dunia melalui layanan komunikasi dengan privasi. Menurut pihak WhatsApp, saat ini komunikasi telah mengalami pergeseran, dari komunikasi tatap muka menuju komunikasi digital.

Meskipun kita dapat berekspresi secara bebas, privasi merupakan hal yang tidak boleh disepelekan saat kita berkomunikasi secara digital. 

Dari situlah WhatsApp mencoba untuk mengimplementasikan fitur Pesan Sementara atau Disappearing sebagai opsi default untuk semua chat baru. Dengan demikian, Anda memiliki lebih banyak opsi untuk kendali lebih besar atas pesan dan berapa lama pesan tersebut ingin disimpan.

Baca Juga: Catat! Aplikasi di smartphone ini paling banyak menguras baterai

WhatsApp disappearing message kini jadi opsi default

Saat dinyalakan, semua pesan di chat atau obrolan individual baru yang Anda atau pengguna lain kirim kaan hilang setelah durasi yang dipilih. Durasi Pesan Sementara atau Disappearing Message yang baru juga kini ditambahkan, seperti berikut ini:

  • 24 jam
  • 7 hari
  • 90 hari

Bila Anda tidak ingin mengirim pesan yang hilang otomatis, fitur Pesan Sementara atua Disappearing Message di WhatsApp ini juga dapat dimatikan.

Perlu diingat, fitur Pesan Sementara atau Disappearing Message ini berlaku untuk semua bentuk pengiriman pesan. Termasuk pesan teks, gambar atau foto, hingga video.

Bila Anda mengaktifkan fitur tersebut, semua pesan yang diterima atau dikirimkan akan hilang sesuai dengan durasi yang telah ditetapkan.

Bagaimana cara menggunakan fitur Pesan Sementara atau Disappearing Message di WhatsApp?

Baca Juga: Kode redeem FF Desember 2021, termasuk cara mendapatkan Pumpkin Warrior (Bottom)

Mudah kok, Anda tinggal buka setelan Privasi Timer Pesan Default. Anda dapat mengatur durasi pengiriman pesan atau nonaktifkan fitur tersebut dengan memilih opsi "Mati" di kontak yang ingin Anda kirim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru