CLOSE [X]
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Fitur terbaru dari Telegram, kirim pesan bisa diatur jadwalnya


Minggu, 08 September 2019 / 13:23 WIB

Fitur terbaru dari Telegram, kirim pesan bisa diatur jadwalnya
ILUSTRASI. TELEGRAM


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aplikasi layanan pesan instan Telegram mungkin masih kalah beken dari WhatsApp di Indonesia. Namun bukan berarti fitur yang dimiliki tidak secanggih WhatsApp, bisa jadi justru sebaliknya. 

Fitur baru Telegram misalnya, kini memungkinkan pengguna menjadwalkan pesan yang ingin dikirim pada waktu tertentu. Fitur ini berguna untuk mencegah pesan-pesan penting lupa terkirim. 

Misalnya saja, Anda ingin menjadi pengirim pesan ulang tahun pertama untuk seseorang tepat pada pergantian tanggal. Ketimbang terjaga hingga dini hari, pengguna bisa mengatur pesan ucapan tersebut sesuai tanggal dan waktu yang dikehendaki menggunakan fitur ini. Nantinya, pesan tersebut akan terkirim secara otomatis. 

Baca Juga: Start Up Qiscus bidik pertumbuhan empat kali lipat

Untuk menjadwalkan pesan di Telegram pun caranya mudah. Setelah mengetik pesan di ruang obrolan, tahan tombol kirim hingga muncul pop-up "schedule messege". Kemudian atur waktu yang dikehendaki, lalu tekan bar berwarna biru di bagian bawah dan pesan akan otomatis terjadwalkan. 

Untuk mengecek kembali isi pesan, ketuk ikon di sisi bawah ruang obrolan, tepatnya di sebelah kiri ikon lampiran. Nantinya akan muncul pesan-pesan yang dijadwalkan tadi. 

Tidak hanya kepada orang lain, fitur ini juga bisa difungsikan untuk "Saved Message" atau pesan yang disimpan untuk diri sendiri. Pesan yang dijadwalkan untuk dikirim ke Save Message nanti akan berubah menjadi pengingat.

Baca Juga: Start up Articial Intelligence, Prosa.ai dapat pendanaan Seri A dari GDP venture

Caranya, klik ikon menu di sisi kiri atas, pilih "Saved Messages". Lantas, tulis pesan dan atur waktu untuk memunculkan pesan pengingat tersebut. Nantinya, pesan itu akan muncul di layar ponsel sesuai jadwal yang telah ditetapkan. 

Sebagai penanda, pesan yang dijadwalkan akan dilengkapi dengan ikon kalender di sudut kanan atas, seperti dikutip KompasTekno dari Uber Gizmo, Minggu (8/9). Selain itu, Telegram juga memungkinkan pengguna mengatur tema tampilan ruang obrolan. 

Nantinya akan ada beberapa opsi tema yang tersedia dan setelah dipilih, perubahan tema akan terjadi di lintas platform, baik mobile maupun desktop. Dalam pembaruan terbarunya, Telegram juga memperbarui UI dan keamanan privasi. Semua fitur ini sudah bisa dicoba di aplikasi Telegram di iOS maupun Android. (Wahyunanda Kusuma Pertiwi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kirim Pesan di Telegram Bisa Dijadwal, Begini Caranya"

 


Sumber : Kompas.com
Editor: Yoyok
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0012 || diagnostic_web = 0.1583

Close [X]
×