Fitur transfer chat history WhatsApp kini tersedia di Android 12, bukan hanya Samsung

Kamis, 28 Oktober 2021 | 08:02 WIB   Penulis: Arif Budianto
Fitur transfer chat history WhatsApp kini tersedia di Android 12, bukan hanya Samsung

ILUSTRASI. Fitur transfer chat history WhatsApp kini tersedia di Android 12, bukan hanya Samsung

KONTAN.CO.ID - Fitur transfer chat history atau riwayat obrolan WhatsApp akhirnya meluncur di Android 12, bukan hanya HP Samsung. Hadirnya fitur ini memudahkan pengguna untuk transfer chat history dari smartphone dengan OS berbeda, seperti iPhone ke Android atau sebaliknya.

Setelah beberapa waktu lalu fitur transfer chat history WhatsApp tersedia untuk HP Samsung, kini pengguna Android 12 lebih banyak lagi juga dapat menjajal fitur tersebut. Dalam pengumuman terbarunya, Google mengungapkan bahwa fitur transfer chat history WhatsApp resmi tersedia di ponsel pintar besutannya, yakni Pixel.

Tidak hanya itu saja, Google juga mengatakan bahwa fitur transfer chat history WhatsApp tersedia untuk HP dengan OS Android 12.

Hadirnya fitur ini mempermudah pengguna untuk memindahkan chat history atau riwayat pesan WhatsApp apabila menggunakan HP baru dengan OS berbeda. Misalnya, Anda sebelumnya pengguna iPhone, tetapi ingin menggunakan WhatsApp di HP Android tanpa history chat-nya hilang.

Anda cukup transfer history chat dari iPhone ke Android menggunakan kabel. Seluruh data pesan WhatsApp di iPhone secara otomatis bakal berpindah ke HP Android Anda, termasuk foto, video, kontak, kalender dan masih banyak lagi.

Fitur ini sejatinya memudahkan pengguna apabila ingin beralih menggunakan WhatsApp dari smartphone dengan OS yang berbeda. Seperti dari iOS (iPhone) ke Android, tanpa kehilangan data chat atau obrolan sebelumnya.

Lalu bagaimana cara transfer chat history WhatsApp dari iPhone ke Android?

Baca Juga: Cara tautkan perangkat di WhatsApp web, bisa digunakan tanpa HP nyala

Cara transfer chat history WhatsApp dari iPhone ke Android

Transfer chat history WhatsApp dari iPhone ke Android

Sebelum melakukan transfer chat history dari iPhone ke Android, Anda membutuhkan kabel USB-C ke Lightning. Hubungkan kabel tersebut ke dua perangkat, Android dan iPhone.

Kemudian masuk ke Settings > Chats > Move Chats to Android. Lalu scan atau pinda QR Code yang muncul di iPhone untuk meluncurkan WhatsApp dan memindahkan seluruh obrolan, termasuk media dan yang lainnya ke perangkat Android baru Anda.

Bila proses transfer selesai, seluruh pesan yang baru masuk tidak akan muncul lagi di iPhone atau perangkat lama Anda. Semua pesan secara otomatis akan masuk di perangkat baru yang sebelumnya telah ditransfer.

Apakah Anda pengguna HP Android baru yang ingin beralih dari iPhone? Cara di atas dapat Anda cobain sekarang juga.

Selanjutnya: Beredar malware Squid Game yang mengincar komputer dan smartphone, hati-hati!

Editor: Arif Budianto
Terbaru